TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP ARISAN UMRAH (STUDI PELAKSANAAN ARISAN UMRAH DI PT ALLAIS TUR MANAJEMEN KEBUMEN)

Khaira Nadila, NIM.: 18103080014 (2022) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP ARISAN UMRAH (STUDI PELAKSANAAN ARISAN UMRAH DI PT ALLAIS TUR MANAJEMEN KEBUMEN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP ARISAN UMRAH (STUDI PELAKSANAAN ARISAN UMRAH DI PT ALLAIS TUR MANAJEMEN KEBUMEN))
18103080014_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP ARISAN UMRAH (STUDI PELAKSANAAN ARISAN UMRAH DI PT ALLAIS TUR MANAJEMEN KEBUMEN))
18103080014_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Terbatasnya kuota haji dan panjangnya daftar tunggu dinilai memperparah durasi penantian masyarakat untuk melaksanakan ibadah haji. Realitas tersebut membuat masyarakat memilih alternatif ibadah umrah untuk segera mewujudkan keinginan dan mengobati kerinduannya ke tanah suci. Banyaknya biro travel umrah membuka peluang bagi kalangan usaha untuk mengembangkan usaha di segmen pasar pemberangkatan umrah. Lembaga perbankan, lembaga non-perbankan, hingga arisan kini menyediakan produk dana talangan umrah. PT Allais Tur Manajemen merupakan salah satu agen tur dan travel yang menyelenggarakan arisan umrah. Satu periode arisan membutuhkan waktu 2-3 tahun. Dalam kurun waktu tersebut tidak dapat diprediksi bagaimana kondisi nilai mata uang. Peserta arisan yang berangkat pada saat nilai mata uang naik akan diuntungkan karena uang yang diperoleh dari arisan sudah cukup untuk biaya umrah. Sebaliknya peserta yang berangkat umrah pada saat nilai mata uang turun akan dirugikan karena uang yang diperoleh dari arisan belum cukup untuk biaya umrah. Di samping itu, pada tahun 2022 pemerintah Arab Saudi menetapkan biaya tambahan asuransi covid sebesar 2 juta rupiah bagi jemaah yang akan berangkat umrah. Tidak semua anggota arisan membayar uang tambahan tersebut, hanya anggota yang berangkat pada saat aturan diberlakukanlah yang membayar. Fenomena di atas menunjukkan bahwa sangat memungkinkan terjadinya ketidakadilan antar para anggota arisan yang tentunya bertentangan dengan hukum Islam. Berdasarkan hal ini, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: bagaimana sistem pelaksanaan arisan umrah di PT Allais Tur Manajemen dan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap pelaksanaan arisan umrah di PT Allais Tur Manajemen? Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dan bersifat deskriptif analitik. Peneliti berusaha menggambarkan, menganalisis, dan meringkas berbagai data yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi dari lapangan. Karena itu jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Untuk menjawab permasalahan di dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teori akad dan konsep al-„adālah sebagai pisau analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan arisan umrah di PT Allais Tur Manajemen menggunakan akad qarḍ dan akad wadīʻah yang merupakan kategori dari akad tabarruʻ yang sudah pasti berorientasi pada taʻāwun (tolong-menolong). Berdasarkan analisis peneliti, pelaksanaan arisan umrah ini sudah sesuai dengan berbagai ketentuan dari dua akad di atas. Di samping itu, meski perjanjian antara PT Allais Tur Manajemen dengan jemaah peserta arisan umrah bersifat kontrak baku, akan tetapi tetap memperhatikan maslahat untuk semua pihak. Sehingga dapat dikatakan tidak mengabaikan nilai keadilan yang merupakan suatu asas perjanjian dalam hukum Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Abdul Mughits, S.Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Arisan Umrah, Hukum Islam, Akad, al-‘Adālah
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syari'ah (S-1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 01 Jul 2022 14:20
Last Modified: 01 Jul 2022 14:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51447

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum