PENGARUH PEMBIAYAAN MUSYARAKAH, MODAL USAHA DAN TENAGA KERJA TERHADAP PERKEMBANGAN UMKM (Studi Kasus BTM Surya Umbulharjo)

Aya Sofya Iklima, NIM.: 18108010005 (2022) PENGARUH PEMBIAYAAN MUSYARAKAH, MODAL USAHA DAN TENAGA KERJA TERHADAP PERKEMBANGAN UMKM (Studi Kasus BTM Surya Umbulharjo). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PEMBIAYAAN MUSYARAKAH, MODAL USAHA DAN TENAGA KERJA TERHADAP PERKEMBANGAN UMKM (Studi Kasus BTM Surya Umbulharjo))
18108010005_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PEMBIAYAAN MUSYARAKAH, MODAL USAHA DAN TENAGA KERJA TERHADAP PERKEMBANGAN UMKM (Studi Kasus BTM Surya Umbulharjo))
18108010005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Seiring berkembangnya lembaga keuangan syariah dengan sistem bagi hasil mampu mendorong kegiatan investasi yang mampu meningkatkan usaha khususnya para pelaku UMKM. Baitul maal wal tamwil mempunyai peran penting pada perkembangan UMKM yang dikelola oleh anggotanya. Penelitian ini memiliki tujuan guna mengetahui pengaruh pembiayaan musyarakah, modal, dan tenaga kerja terhadap perkembangan UMKM pada nasabah BTM Surya Umbulharjo. Metode analisis data yang digunakan adalah metode regresi linear berganda. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 orang menggunakan metode pengambilan sampel purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif pada variabel pembiayaan musyarakah, dan modal usaha terhadap perkembangan UMKM. Sedangkan variabel tenaga kerja berpengaruh negatif pada perkembangan UMKM. Secara bersama-sama pembiayaan musyarakah, modal, dan tenaga kerja memiliki pengaruh terhadap perkembangan UMKM

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Abdul Qoyum, S.E.I., M.Sc.Fin.
Uncontrolled Keywords: Pembiayaan Musyarakah, Modal Usaha, Tenaga Kerja, Perkembangan UMKM
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 04 Jul 2022 11:47
Last Modified: 04 Jul 2022 11:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51529

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum