EVALUASI PELAKSANAAN STANDAR NASIONAL PENGASUHAN ANAK DI LEMBAGA KESEJAHTERAAN SOSIAL ANAK AL- IKHLAS SALAMREJO, SENTOLO, KULON PROGO

Tri Sutarminingsih, NIM.: 17102050009 (2022) EVALUASI PELAKSANAAN STANDAR NASIONAL PENGASUHAN ANAK DI LEMBAGA KESEJAHTERAAN SOSIAL ANAK AL- IKHLAS SALAMREJO, SENTOLO, KULON PROGO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EVALUASI PELAKSANAAN STANDAR NASIONAL PENGASUHAN ANAK DI LEMBAGA KESEJAHTERAAN SOSIAL ANAK AL- IKHLAS SALAMREJO, SENTOLO, KULON PROGO)
17102050009_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (EVALUASI PELAKSANAAN STANDAR NASIONAL PENGASUHAN ANAK DI LEMBAGA KESEJAHTERAAN SOSIAL ANAK AL- IKHLAS SALAMREJO, SENTOLO, KULON PROGO)
17102050009_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

LKSA Al-Ikhlas Sentolo merupakan salah satu lembaga kesejahteraan sosial anak yang sudah berdiri sejak tahun 2008 yang saat ini mengasuh sebanyak 53 anak, baik anak yang tinggal di panti maupun di luar panti. Adanya Peraturan Menteri Sosial RI Nomor 30/HUK/2011 menuntut setiap LKSA menerapkan SNPA. Dengan berbagai keterbatasan, seperti minimnya pengasuh yang berdampak pada minimnya kegiatan yang dilaksanakan, LKSA Al-Ikhlas tetap berusaha agar dapat memenuhi standar yang berlaku. Usaha tersebut perlu di evaluasi agar dapat terus berbenah dan memantaskan diri sehingga layak disebut sebagai LKSA yang sesuai dengan standar nasional. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengevaluasi pelaksanaan Standar Nasional Pengasuhan Anak di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Al-Ikhlas, Salamrejo, Sentolo, Kulon Progo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dari penelitian ini yaitu seseorang yang berhubungan langsung dengan LKSA Al-Ikhlas meliputi Ketua, Pengasuh LKSA, orang tua/wali dari anak asuh, Pekerja Sosial dan anak-anak LKSA. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode CIPP yaitu Context, Input, Proses, dan Product, sebagai berikut; terkait Context, LKSA Al-Ikhlas sudah sesuai sebagai pengasuhan alternatif bagi anak yang tidak mendapatkan pengasuhan dari keluarga, kerabat atau keluarga pengganti. Input sumber daya pengasuhan yang ada di lembaga sangat minim karena mengalami keterbatasan anggaran dana sedangkan fasilitas sudah menggunakan standar pengasuhan anak yang layak. Adapun Process pelaksanaan standar nasional pengasuhan anak di LKSA AL-Ikhlas sudah sesuai dengan tujuan dan indikator keberhasilan yang direncanakan dan sesuai dengan prosedur yang ada di Peraturan Menteri Sosial RI Nomor 30/HUK/2011. Sedangkan Product yang dilihat dari hasil pelayanan dan pelaksanaan sudah berusaha menggunakan standar pengasuhan anak di lembaga, namun belum dapat dikatakan memiliki kesesuaian dengan semua standar dalam SNPA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Noorkamilah, S.Ag., M.Si.
Uncontrolled Keywords: perkembangan anak; partisipasi anak; identitas anak; Standar Nasional Pengasuhan Anak; LKSA
Subjects: Permasalahan dan Layanan kepada Anak dan Remaja
Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 04 Jul 2022 14:42
Last Modified: 04 Jul 2022 14:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51665

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum