MODUL PEMBELAJARAN TERINTEGRASI NILAI KEISLAMAN DENGAN PENDEKATAN RME UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL

Yesi Ismawati, NIM .: 18106000052 (2022) MODUL PEMBELAJARAN TERINTEGRASI NILAI KEISLAMAN DENGAN PENDEKATAN RME UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MODUL PEMBELAJARAN TERINTEGRASI NILAI KEISLAMAN DENGAN PENDEKATAN RME UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL)
18106000052_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MODUL PEMBELAJARAN TERINTEGRASI NILAI KEISLAMAN DENGAN PENDEKATAN RME UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL)
18106000052_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran matematika bertujuan untuk membekali siswa agar memiliki kemampuan matematika, salah satunya adalah penalaran matematis. Untuk mencapai tujuan tersebut, dibutuhkan suatu upaya dalam meningkatkan kualitas pembelajaran matematika. Oleh karena itu, peneliti melakukan suatu upaya berupa penelitian dengan tujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran terintegrasi nilai keislaman dengan pendekatan RME (Realistic Mathematics Education) untuk memfasilitasi kemampuan penalaran matematis siswa pada materi aritmetika sosial yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu: Analyze, Design, Develop, Implement, and Evaluate. Subjek uji coba produk untuk penilaian modul pembelajaran terdiri dari lima ahli. Sedangkan subjek implementasi dalam pembelajaran yaitu siswa kelas VII A MTsN 5 Sleman tahun ajaran 2021/2022. Adapun teknik analisis data menggunakan perhitungan nilai rata-rata penilaian ahli pada uji kevalidan dan perhitungan persentase ideal untuk uji kepraktisan modul. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: 1) Tahap analyze menghasilkan hasil analisis kebutuhan dan analisis kurikulum yang digunakan sebagai dasar pengembangan modul. 2) Pada tahap design diperoleh rancangan peta kebutuhan modul. 3) Hasil tahap develop yaitu modul pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan valid berdasarkan penilaian ahli dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 194,6 dan persentase keidealan sebesar 90,51% dengan kriteria penilaian ahli yang diperoleh “sangat baik”. 4) Hasil tahap implement adalah keterlaksanaan implementasi modul dalam pembelajaran sebanyak 2 kali pertemuan. 5) Tahap evaluate dilakukan pada setiap tahapan pengembangan sebagai bahan perbaikan proses pengembangan. Hasil uji kepraktisan berdasarkan angket respon siswa menunjukkan hasil yang didapat melampaui kriteria minimal, yakni mendapat kriteria “sangat baik” dengan nilai rata-rata keseluruhan sebesar 70,93 dan nilai persentase keidealan sebesar 80,61%. Dari hasil tersebut diperoleh produk pengembangan berupa modul pembelajaran terintegrasi nilai keislaman dengan pendekatan RME untuk memfasilitasi kemampuan penalaran matematis siswa memenuhi kriteria ketercapaian, yaitu valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Nurul Arfinanti, S.Pd.Si., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Modul Pembelajaran Terintegrasi Nilai Keislaman, Kemampuan Penalaran Matematis, RME
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 05 Jul 2022 10:23
Last Modified: 05 Jul 2022 10:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51689

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum