PENGEMBANGAN VIDEO PRAKTIKUM KIMIA BERBASIS KONTEKSTUAL MATERI LAJU REAKSI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA SMA/MA KELAS XI

Fitri Rahayu, NIM.: 18106070044 (2022) PENGEMBANGAN VIDEO PRAKTIKUM KIMIA BERBASIS KONTEKSTUAL MATERI LAJU REAKSI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA SMA/MA KELAS XI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN VIDEO PRAKTIKUM KIMIA BERBASIS KONTEKSTUAL MATERI LAJU REAKSI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA SMA/MA KELAS XI)
18106070044_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN VIDEO PRAKTIKUM KIMIA BERBASIS KONTEKSTUAL MATERI LAJU REAKSI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA SMA/MA KELAS XI)
18106070044_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Praktikum berperan penting dalam meningkatkan skill dan pemahaman konsep siswa terhadap materi sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai maksimal. Namun, pandemi Covid-19 atau tidak adanya laboratorium membuat kegiatan praktikum di sekolah tidak dapat dilaksanakan. Oleh karena itu, dibutuhkan praktikum alternatif yang dapat dilakukan siswa di rumah sebagai pengganti kegiatan praktikum di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video praktikum kimia berbasis kontekstual materi laju reaksi dan mengetahui kualitas video yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan 4-D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Namun, penelitian ini hanya dibatasi sampai tahap develop saja. Produk berupa video praktikum kimia berbasis kontekstual berisi praktikum faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi (luas permukaan, konsentrasi, temperatur, dan katalis). Produk dinilai oleh satu ahli media, satu ahli materi, dan empat reviewer (guru kimia SMA). Hasil penilaian kualitas produk oleh ahli media mendapatkan persentase 90% dengan kategori Sangat Baik, ahli materi mendapatkan persentase 95% dengan kategori Sangat Baik, dan reviewer mendapatkan persentase 94,4% dengan kategori Sangat Baik. Video mendapatkan respon positif oleh siswa dengan persentase sebesar 97%. Berdasarkan hasil penilaian kualitas dari ahli media, ahli materi, reviewer serta respon siswa dapat disimpulkan bahwa video yang dikembangkan dapat dijadikan alternatif praktikum dalam pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Agus Kamaludin, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Video Praktikum, Kontekstual, Laju Reaksi
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 05 Jul 2022 11:09
Last Modified: 05 Jul 2022 11:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51703

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum