ANALISIS PROSES PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DALAM JARINGAN (DARING) DI MI MA’ARIF NU 6 KARYAMUKTI LAMPUNG TIMUR PADA MASA PANDEMI

Azizah Arum Muslihatin, NIM.: 18204020013 (2022) ANALISIS PROSES PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DALAM JARINGAN (DARING) DI MI MA’ARIF NU 6 KARYAMUKTI LAMPUNG TIMUR PADA MASA PANDEMI. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PROSES PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DALAM JARINGAN (DARING) DI MI MA’ARIF NU 6 KARYAMUKTI LAMPUNG TIMUR PADA MASA PANDEMI)
18204020013_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PROSES PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DALAM JARINGAN (DARING) DI MI MA’ARIF NU 6 KARYAMUKTI LAMPUNG TIMUR PADA MASA PANDEMI)
18204020013_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pandemi Covid-19 telah banyak merubah kebiasaan manusia yang sudah dilakukan sepanjang hidupnya menjadi ketidakbiasaan yang harus berjalan sebagaimana mestinya. Dampak yang sangat terasa salah satunya ada pada dunia pendidikan. Virus ini memaksa jutaan peserta didik juga pendidik untuk melakukan pembelajaran secara daring di rumah masing-masing dengan segala keterbatasan yang ada. Ketidakbiasaan inilah yang ternyata menimbulkan berbagai macam permasalahan baru pada proses pembelajaran Bahasa Arab di MI Ma’arif NU 6 Karyamukti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran bahasa Arab daring di MI Ma’arif NU 6 Karyamukti mulai dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, serta hal yang perlu diperhatikan terkait proses pembelajaran agar tercapainya tujuan pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan didasarkan pendeskripsian perilaku objek peneliti yakni guru bidang studi bahasa Arab, waka kurikulum dan juga peserta didik sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada serta didukung dengan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian pada proses pembelajaran daring di MI Ma’arif NU 6 Karyamukti, diketahui bahwa hasil evaluasi pembelajaran belum sesuai dengan yang diharapkan karena dari 26 siswa yang telah mencapai KKM ( Kriteria Ketuntasan Minimal ) hanya 8 siswa sedangkan sisanya sebanyak 18 siswa belum mencapai KKM. Hal ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran bahasa Arab daring di sekolah tersebut belum efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Zainal Arifin Ahmad, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Proses Pembelajaran, Pembelajaran Bahasa Arab, Daring
Subjects: Covid-19
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 05 Jul 2022 14:31
Last Modified: 05 Jul 2022 14:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51709

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum