PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM LEMBAGA AMIL ZAKAT INFAQ SHODAQOH MUHAMMADIYAH (LAZISMU) DI KECAMATAN SLEMAN

Chusna Amalia Wahida, NIM.: 16230038 (2022) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM LEMBAGA AMIL ZAKAT INFAQ SHODAQOH MUHAMMADIYAH (LAZISMU) DI KECAMATAN SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM LEMBAGA AMIL ZAKAT INFAQ SHODAQOH MUHAMMADIYAH (LAZISMU) DI KECAMATAN SLEMAN)
16230038_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM LEMBAGA AMIL ZAKAT INFAQ SHODAQOH MUHAMMADIYAH (LAZISMU) DI KECAMATAN SLEMAN)
16230038_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan program pemberdayaan ekonomi masyarakat Di Kecamatan Sleman. Fokus penelitian dalam skripsi ini untuk mengetahui bagaimana program pemberdayaan ekonomi masyarakat di Kecamatan Sleman. Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif analitik dengan teknik pengumpulan datanya berupa observasi, wawancara, dan lacak dokumentasi. Alat analisis data dalam penelitian ini adalah analisis interaktif diantaranya pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penyajian data penelitian ini dalam bentuk tulisan dan menerangkan apa adanya data yang diperoleh dalam penelitian. Salah satu cara dalam membantu peningkatan perekonomian masayarakat adalah dengan pendayagunaan zakat. Pendayagunaan zakat dirasa mampu membantu mendorong perekonomian masyarakat setempat. Selain itu dengan berzakat maka akan lebih meningkatkan rasa saling membantu dan cinta antar sesama manusia. Penyerahan zakat penting untuk ditunaikan melalui lembaga zakat agar dapat berdayaguna dengan efektif. Salah satunya melalui Lembaga Amil Zakat Infaq Shodaqoh Muhammadiyah atau yang sering dikenal dengan LAZISMU. Dengan melalui pendayagunaan yang efektif diharapkan nantinya pendistribusian zakat akan jatuh kepada mereka yang berhak menerima. Oleh karena itu pendistribusian zakat di LAZISMU diselenggarakan menjadi beberapa program salah satunya pemberdayaan ekonomi masyarakat. Program tersebut bertujuan dalam menanggulangi kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pemberdayaan masyarakat melalui program LAZISMU menggunakan teori Isbandi Rukminto Adi tentang Tahapan Pemberdayaan Masyarakat. Beberapa proses dalam pemberdayaan di LAZISMU Kecamatan Sleman ini melalui beberapa tahapan diantaranya persiapan, pengkajian, perencanaan alternatif program, pemformalisasi rencana aksi, pelaksanaan, evaluasi hingga terminasi. Selain itu beberapa program dari LAZISMU diantaranya program sosial, kemanusiaan (tanggap bencana), ekonomi, pengembangan pendidikan hingga program dakwah. Program yang diselenggarakan mampu memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar untuk pemenuhan kebutuhan hidup.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Hj. Sri Harini, S.Ag., M.Si
Uncontrolled Keywords: pemberdayaan masyarakat; LAZISMU; zakat; mustahik
Subjects: Hukum Islam > Zakat
Pemberdayaan Masyarakat
Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 06 Jul 2022 10:49
Last Modified: 06 Jul 2022 10:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51738

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum