EFEKTIVITAS MODUL ALUR CERITA DAN BERGAMBAR SUB POKOK BAHASAN SISTEM PENCERNAAN MAKANAN PADA MANUSIA TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI MAN WONOKROMO BANTUL TAHUN PELAJARAN 2009/2010

PARTINI - NIM. 05450033, (2011) EFEKTIVITAS MODUL ALUR CERITA DAN BERGAMBAR SUB POKOK BAHASAN SISTEM PENCERNAAN MAKANAN PADA MANUSIA TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI MAN WONOKROMO BANTUL TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MODUL ALUR CERITA DAN BERGAMBAR SUB POKOK BAHASAN SISTEM PENCERNAAN MAKANAN PADA MANUSIA TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI MAN WONOKROMO BANTUL TAHUN PELAJARAN 2009/2010 )
BAB I,V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MODUL ALUR CERITA DAN BERGAMBAR SUB POKOK BAHASAN SISTEM PENCERNAAN MAKANAN PADA MANUSIA TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI MAN WONOKROMO BANTUL TAHUN PELAJARAN 2009/2010 )
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (300kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi dan motivasi siswa antara siswa yang menggunakan modul alur cerita dan bergambar pada sub pokok bahasan sistem pencernaan manusia dengan siswa yang menggunakan buku pelajaran biasa di sekolah pada siswa kelas XI IPA MAN Wonokromo Bantul tahun ajaran 2009/2010. Desain penelitian ini adalah quasy experiment dengan menggunakan dua kelas, yaitu satu untuk kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Kelas eksperimen diberikan perlakuan peneliti, sedang pada kelas kontrol pembelajaran dilakukan seperti biasa seperti yang guru mata pelajaran lakukan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 dan IPA 2 tahun ajaran 2009/2010. Pada penelitian ini kelas eksperimen dikenai perlakuan dengan memberikan modul alur cerita dan bergambar sedangkan pada kelas kontrol menggunakan buku ajar pada umumnya. Pengumpulan data motivasi didapatkan dari hasil angket tanggapan siswa yang diberikan pada akhir pembelajaran dan data prestasi didapatkan dari nilai hasil pre test dan post test siswa. Hasil pre-test dan post-test dianalisis dengan menggunakan uji t, yang sebelumnya harus diuji normalitas sebaran dan homogenitas varianya, data motivasi siswa yang mencerminkan tanggapan siswa dianalisis dengan analisis deskriptif teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi siswa yang diukur dari angket pembelajaran, didapatkan bahwa pada kelas eksperimen yang mempunyai kategori baik yaitu sebesar 22% siswa dan pada kategori sangat baik ada 26%, sedangkan pada kelas kontrol, pada kategori baik hanya 25% siswa dan tidak ada yang termasuk dalam kategori sangat baik. Sedangkan untuk prestasi, ada perbedaan prestasi belajar baik pada kelas eksperimen maupun kelas kontrol, perbedaan yang dihasilkan dapat dilihat dari Gain Score, untuk kelas eksperimen antara pre-test dan post-test adalah sebesar 56.7 sedangkan Gain Score untuk kelas kontrol antara pre-test dan post-test sebesar 26.6. Hal ini menunjukan bahwa Gain Score pada kelas eksperimen lebih tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Ir. Ciptono, M.Si
Uncontrolled Keywords: modul, motivasi, prestasi, MAN Wonokromo
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 06 Feb 2013 17:54
Last Modified: 02 Mar 2016 10:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5187

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum