EFEKTIVITAS MODEL BRAIN BASED LEARNING (BBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA

Fasqina Salsabila, NIM.: 14600045 (2019) EFEKTIVITAS MODEL BRAIN BASED LEARNING (BBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MODEL BRAIN BASED LEARNING (BBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA)
14600045_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MODEL BRAIN BASED LEARNING (BBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA)
14600045_BAB II_S.D_SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model Brain Based Learning (BBL) dibandingkan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kemandirian Belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan non equivalent control group design. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu model Brain Based Learning (BBL) dan dua variabel terikat yaitu kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kemandirian Belajar siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA MA Negeri 1 Blora, sedangkan sampel penelitiannya adalah siswa kelas XI MIPA 1 dan kelas XI MIPA 3. Kelas XI MIPA 1 dijadikan sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan treatment berupa pembelajaran dengan model Brain Based Learning (BBL). Instrumen dalam penelitian ini adalah pretest-posttest kemampuan berpikir kritis matematis, prescale-postscale kemandirian belajar, RPP yang dilengkapi Hypotetical Learning Trajectory, dan Lembar Kerja Siswa (LKS). Teknik analisis data untuk menjawab hipotesis dalam penelitian ini adalah uji perbedaan rata-rata. Menggunakan uji t sampel independen jika memenuhi uji prasyarat dan menggunakan uji Mann Whitney jika tidak memenuhi uji prasyarat. Pengujian dilakukan dengan bantuan software SPSS 16 dan Microsoft Excel. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa model Brain Based Learning (BBL) lebih efektif terhadap kemampuan berpikir kritis matematis dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Selain itu, hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunkan model Brain Based Learning (BBL) memiliki efektivitas yang sama dengan pembelajaran konvensional terhadap kemandirian belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ibrahim, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Problem Based Learning, Metode Group Investigation,Time Token, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Keaktifan Siswa
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 13 Jul 2022 14:13
Last Modified: 13 Jul 2022 14:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51948

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum