SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT PADA SISTEM PENCERNAAN MANUSIA MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING DAN BAYES THEOREM

Ayatullah Rizki Ramadhan, NIM.: 18106050012 (2022) SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT PADA SISTEM PENCERNAAN MANUSIA MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING DAN BAYES THEOREM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT PADA SISTEM PENCERNAAN MANUSIA MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING DAN BAYES THEOREM)
18106050012_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT PADA SISTEM PENCERNAAN MANUSIA MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING DAN BAYES THEOREM)
18106050012_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

Gaya hidup tidak sehat mahasiswa menyebabkan munculnya berbagai macam penyakit yang akan menyerang sistem kekebalan tubuh, tidak terkecuali penyakit yang menyerang sistem pencernaan. Penyakit sistem pencernaan merupakan penyakit yang disebabkan dari pola makan yang tidak teratur, jenis makanan yang tidak sehat, stress karena tugas dan begadang. Kurangnya kesadaran dan biaya yang dibutuhkan tidaklah sedikit untuk melakukan pemeriksaan ke dokter, maka dibuatlah sebuah sistem pakar yang akan mendeteksi penyakit yang diderita berdasarkan gejala yang dirasakan. Sistem pakar yang dibangun dengan menggunakan metode Forward Chaining sebagai penalaran dan Bayes Theorem untuk masalah ketidakpastian. Peneliti berhasil membuat sistem pakar yang dapat mendiagnosis penyakit pada sistem pencernaan manusia. Dari hasil pengujian non fungsional menggunakan teknik pengujian beta menunjukkan nilai rata-rata presentasi yang diperoleh sebesar 92.85%, dan nilai rata-rata untuk setiap kriteria meliputi 93.33% untuk kriteria kegunaan, 93.6% untuk kriteria kemudahan dalam penggunaan, 93.33% untuk kriteria kemudahan mempelajari dan 90.66%untuk kriteria kepuasan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Ir. Shofwatul ‘Uyun, S.T., M.Kom.
Uncontrolled Keywords: Sistem Pakar, Penyakit Sistem Pencernaan, Forward Chaining, Bayes Theorem.
Subjects: Tehnik Informatika
Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 14 Jul 2022 15:06
Last Modified: 14 Jul 2022 15:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52014

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum