PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) JAYAPURA DITINJAU DARI PENDEKATAN HUMANISTIK

Annisa’ Fatmayanti, NIM.: 1620410042. (2018) PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) JAYAPURA DITINJAU DARI PENDEKATAN HUMANISTIK. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) JAYAPURA DITINJAU DARI PENDEKATAN HUMANISTIK)
1620410042_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) JAYAPURA DITINJAU DARI PENDEKATAN HUMANISTIK)
1620410042_BAB-II_sampai_BAB-III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah, bahwa dalam pengajaran di dalam kelas saat ini banyak ditemukan para guru yang mengajar hanya dengan menggunakan metode ceramah dan kurang mengkombinasikan dengan metode dan strategi lain tanpa memperhatikan kondisi psikologis. Padahal tujuan utama para pendidik adalah membantu siswa untuk mengembangkan dan mengaktualisasikan dirinya. Dalam pembelajaran bahasa Arab di MAN Jayapura yang ada di Papua, siswa tidak banyak yang mengalami kesulitan dalam penyerapan materi bahasa Arab. Sebaliknya, kebanyakan siswa di MAN tersebut merasa enjoy dan nyaman dengan metode dan strategi yang diterapkan oleh guru. Berdasarkan fakta tersebut sehingga pantas diasumsikan bahwa guru tidak hanya menggunakan satu pendekatan tetapi dalam praktik mengajarnya guru mengkombinasikan pendekatan lain dengan pendekatan humanistik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tujuan pembelajaran, penggunaan materi, penggunaan strategi, dan evaluasi pembelajaran bahasa Arab di MAN Jayapura yang di tinjau dari pendekatan humanistik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Metode ini digunakan untuk menganalisis dan menginterpretasikan data yang berupa faktafakta dari hasil penelitian. Untuk mendapatkan data penelitian digunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tujuan pembelajaran bahasa Arab di MAN Jayapura mengembangkan Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks, unsur budaya. Untuk mencapai tujuan tersebut maka harus diawali dengan kesenangan siswa pada mata pelajaran bahasa Arab dan dengan didukung oleh gaya belajar guru yang menyenangkan bagi siswanya. 2) Materi pembelajaran bahasa Arab di MAN Jayapura mengacu pada tema-tema yang terdapat pada buku guru dan siswa, yang mana buku tersebut merupakan buku dari pemerintah. Guru juga sering membuat sebuah teks hiwar dan mufrodatnya disesuaikan dengan kemampuan siswa. 3) Strategi pembelajaran bahasa Arab di MAN Jayapura ini, guru sangat memperhatikan kebutuhan hierarki Maslow yaitu: kebutuhan dasar fisiologis, kebutuhan akan rasa aman, kebutuhan akan cinta dan kasih sayang, kebutuhan penghargaan, kebutuhan aktualisasi 4) Evaluasi pembelajaran bahasa Arab di MAN Jayapura menggunakan penilaian teknik penilaian tes dan non-tes. Teknik penilaian tes nya berupa tes latihan tulis, dan tes objektif dilaksanakan ketika UTS dan UAS. Pembelajaran humanis akan berjalan bila guru benar-benar berperan sebagai fasilitator dalam proses belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Zainal Arifin Ahmad, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Bahasa Arab, Pendekatan Humanistik, Teori Arthur Combs, Teori Abraham H. Maslow, Teori Carl R. Rogers
Subjects: Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 20 Jul 2022 09:20
Last Modified: 20 Jul 2022 09:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52117

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum