PENDIDIKAN AKHLAK BAGI ANAK-ANAK JALANAN DI RUMAH SINGGAH ANAK MANDIRI YOGYAKARTA

Ekawati Widayaningsih, NIM.: 10416028 (2014) PENDIDIKAN AKHLAK BAGI ANAK-ANAK JALANAN DI RUMAH SINGGAH ANAK MANDIRI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN AKHLAK BAGI ANAK-ANAK JALANAN DI RUMAH SINGGAH ANAK MANDIRI YOGYAKARTA)
SKRIPSI EKAWATI WIDAYANINGSIH - File 1.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN AKHLAK BAGI ANAK-ANAK JALANAN DI RUMAH SINGGAH ANAK MANDIRI YOGYAKARTA)
SKRIPSI EKAWATI WIDAYANINGSIH - File 2.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa anak-anak jalanan sebagai anak yang memiliki latar belakang dan keadaan sosial yang jauh dari kebahagiaan dan keharmonisan keluarga. Padahal pada dasarnya mereka memiliki keinginan untuk hidup secara layak, penuh dengan kedamaian dan ketulusan cinta serta kasih sayang.Mereka membutuhkan perhatian dan kesempatan untuk mengenyam pendidikan.Salah satunya adalah pendidikan akhlak. Dalam kenyataannya pendidikan akhlak sangat penting untuk diberikan kepada anak-anak jalanan agar mereka memiliki sikap dan tingkah laku yang baik dan tidak dianggap sebagai sampah masyaraka. Rumusan masalah yang ada dalam skripsi adalah bagaimana pendidikan akhlak anak-anak jalanan, apa metode yang digunakan, apa yang menjadi faktor pendukung dan penghambat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang proses pendidikan akhlak bagi anak-anak jalalnan di Rumah Singgah Anak Mandiria Yogyakarta, mengetahui metode yang digunakan dalam pendidikan akhlak, serta mengidentifikasi faktor-faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar Rumah Singgah Anak Mandiri Yogyakarta pengumpulan data dilakukan dengan cara Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Pengolahan data dengan menggunakan langkah-langkah yaitu: reduksi data, data display (penyajian data) dan menyimpulkan data. Hasil penelitian: (1) Pendidikan akhlak dilakukan dengan mengajarkan akhlak kepada Allah, akhlak kepada Rasulullah, akhlak terhadap diri sendiri, akhlak terhadap teman, akhlak terhadap masyarakat serta akhlak tehadap lingkungan,(2) Metode yang digunakan adalah: metode motivasi, metode suri tauladan,metode nasehat, dan metode sanksi. (3) Faktor Pendukung dan Penghambat. Faktor pendukung dalam pendidikan akhlak adalah kesadaran anak kembali ke masyarakat, merubah bisa hidup di masyarakat, kebersamaan sesama dan motivasi dari pengasuh. Faktor penghambatnya adalah kurangnya tenaga bidang agama, fasilitas yang kurang memadai dan tidak adanya pendidikan khusus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Tasman Hamami, M.A.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Akhlak, Anak Jalanan
Subjects: Permasalahan dan Layanan kepada Anak dan Remaja
Akhlak - Etika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 27 Jul 2022 13:57
Last Modified: 27 Jul 2022 13:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52304

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum