IMPLEMENTASI PROPHETIC PARENTING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD MUHAMMADIYAH KARANGBENDO BANGUNTAPAN BANTUL

Sri Mulyani, NIM.: 10416029 (2014) IMPLEMENTASI PROPHETIC PARENTING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD MUHAMMADIYAH KARANGBENDO BANGUNTAPAN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PROPHETIC PARENTING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD MUHAMMADIYAH KARANGBENDO BANGUNTAPAN BANTUL)
SKRIPSI SRI MULYANI (10416029) - File 1.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PROPHETIC PARENTING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD MUHAMMADIYAH KARANGBENDO BANGUNTAPAN BANTUL)
SKRIPSI SRI MULYANI (10416030) - File 2.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah pendidikan agama kurang terperhatikan oleh orangtua di rumah. Sehingga anak kurang memilik pondasi yang kuat tentang agama Islam,sehingga anak tidak menganggap penting pendidikan agama islam. Hal itu dikarenakan para orangtua menganggap bahwa pendidikan di sekolah sudah cukup.Dan ketika dirumah anak kurang terperhatikan pendidikan agamanya Sehingga anak kurang memiliki pondasi keimanan yang kuat.Untuk itu pihak sekolah berupaya agar pendidikan agama dapat tersampaikan dengan baik.Salah satu upaya sekolah adalah dengan penerapan Prophetic Parenting dalam pembelajaran PAI di SD Muhammadiyah Karangbendo Banguntapan Bantul. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah bagaimana penerapan, faktor penghambat dan pendukung dalam Implementasi Prophetic Parenting di SDMuhammadiyah Karangbendo Banguntapan Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian bersifat kualitatif, dengan mengambil latar SD Muhammadiyah Karangbendo Banguntapan Bantul. Pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan langkah pengumpulan data, menganalisa data yang ada dengan metode analis data reduktif, yakni melakukan analisa data yang diperoleh sehingga dapat ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penerapan Prophetic Parenting di SD Muhammadiyah Karangbendo ada 6 langkah, yaitu: a. memberikan suri tauladan yang baik, b. mencari waktu yang tepat member nasehat, d. tidak pilih kasih, selalu mendoakan dan memberi motivasi kepada anak, e. tidak suka marah serta, f. selalu memberikan kisah-kisah yang mengandung suri tauladan yang baik. Hasil yang dicapai adalah meningkatnya dan termotivasinya siswa untuk melaksanakan sholat wajib dengan berjamaah, serta sikap dan perilaku siswa semakin baik.Dan minat siswa mengikuti materi PAI semakin baik pula.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Munawwar Khalil, S.S. M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Prophetic Parenting, Pembelajaran PAI, Metode Pembelajaran
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 27 Jul 2022 14:31
Last Modified: 27 Jul 2022 14:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52309

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum