PROBLEMATIKA PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN DARING KELAS XI DI PONDOK PESANTREN MODERN DATOK SULAIMAN PALOPO TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Naima, NIM.: 16410018 (2022) PROBLEMATIKA PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN DARING KELAS XI DI PONDOK PESANTREN MODERN DATOK SULAIMAN PALOPO TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROBLEMATIKA PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN DARING KELAS XI DI PONDOK PESANTREN MODERN DATOK SULAIMAN PALOPO TAHUN PELAJARAN 2021/2022)
16410018_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PROBLEMATIKA PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN DARING KELAS XI DI PONDOK PESANTREN MODERN DATOK SULAIMAN PALOPO TAHUN PELAJARAN 2021/2022)
16410018_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penerapan penguatan pendidikan karakter di masa pandemi ini sangatlah sulit apalagi dimasa pembelajaran daring saat ini. Hal ini karena pembelajaran dilakukan secara daring dimana kurangnya interaksi secara langsung antara peserta didik dengan guru. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahuai bagaimana penguatan pendidikan karakter dalam pembelajaran daring di kelas XI di Pondok Pesantren Modern Datok Sulaiman Palopo tahun pelajaran 2021/2022; 2) Apa saja problematika penguatan pendidikan karakter dalam pembelajaran daring tersebut; 3) Bagaimana solusi terhadap kendala yang dihadapi dalam pembelajaran daring. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dimana pengambilan datanya dilakukan di Pondok Pesantren Moderen Datok Sulaiman Palopo bagian Putri. Metode pengumpulan data menggunakan instrument observasi, dokumentasi, dan wawancara kepada guru maupun peserta didik. Analisis data dengan cara mereduksi data, menyajikan data, triangulasi data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1. Penguatan pendidikan karakter dalam pembelajaran daring kelas XI di Pondok Pesantren Modern Datok Sulaiman Putri Palopo yaitu dengan menggunakan kurikulum 2013 dengan mengacu pada Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 yang memuat nilai-nilai karakter religius, kemandirian, nasionalisme, dan gotong royong dengan cara: pertama, penanaman nilai-nilai karakter dalam kegiatan belajar mengajar di kelas dan melakukan kajian melalui metode: a) Metode pengajian, b) metode hafalan, c) Metode diskusi, d) Metode demonstrasi. Kemudian yang kedua, penanaman nilai-nilai karakter dengan mencontohkan suri tauladan atau contoh perbuatan yang baik. Dan ketiga, melalui kegiatan ekstrakurikuler. Problematika yang dihadapi dalam penguatan pendidikan karakter dalam pembelajaran daring Kelas XI di Pondok Pesantren Modern Datok Sulaiman Palopo, yaitu: a) Guru tidak dapat memantau peserta didik secara langsung; b) Peserta didik tidak terbiasa dengan alat teknologi yang digunakan dalam pembelajaran daring; c) Jaringan Internet yang kurang stabil dan merata d) Kurangnya dukungan dari orang tua peserta didik. Solusi dalam mengatasi problematika penguatan pendidikan karakter dalam pembelajaran daring Kelas XI SMA Datok Sulaiman Palopo, yaitu: a) Memberikan perhatian kepada peserta didik, agar dapat berinteraksi dengan baik dengan guru, agar guru dapat mengetahui sebab-sebab munculnya kendala tersebut; b) Mengajak orang tua untuk ikut serta dalam penguatan pendidikan karakter peserta didik, dengan cara memberikan keteladanan; c) Mengajak orang tua untuk berperan aktif dalam mengawasi anak dalam aktivitas kesehariannya agar terus konsisten memegang teguh nilai-nilai karakter yang diajarkan; d) Memberikan motivasi serta dorongan kepada peserta didik, agar tetap semangat menjalani proses belajar di rumah; e) Melatih nilai kerjasama atau gotong royong dengan cara membantu rekan-rekan sesama peserta didik yang kesulitan mengakses internet untuk belajar bersama di rumah yang akses internetnya cepat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Radino, M.Ag.,
Uncontrolled Keywords: pendidikan karakter; pembelajaran daring; pesantren; Penguatan Pendidikan Karakter PPK
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 04 Aug 2022 09:56
Last Modified: 04 Aug 2022 09:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52438

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum