PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SELF ORGANIZED LEARNING ENVIRONMENTS (SOLE) BERBASIS BLENDED LEARNING TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI ASAM BASA

Ika Budyaningsih, NIM.: 18106070042 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SELF ORGANIZED LEARNING ENVIRONMENTS (SOLE) BERBASIS BLENDED LEARNING TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI ASAM BASA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SELF ORGANIZED LEARNING ENVIRONMENTS (SOLE) BERBASIS BLENDED LEARNING TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI ASAM BASA)
18106070042_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SELF ORGANIZED LEARNING ENVIRONMENTS (SOLE) BERBASIS BLENDED LEARNING TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI ASAM BASA)
18106070042_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Proses pembelajaran jarak jauh menuntut peserta didik dapat melakukan pembelajaran mandiri dengan memanfaatkan internet. Pendidik membutuhkan model pembelajaran yang mampu meningkatkan kemandirian belajar dan hasil belajar kognitif peserta didik saat pembelajaran jarak jauh, namun tetap memperhatikan himbauan dari pemerintah dalam rangka menghambat penyebaran virus Covid-19. Salah satu model pembelajaran yang mampu meningkatkan kemandirian belajar dan hasil belajar kognitif peserta didik saat pembelajaran jarak jauh yaitu model pembelajaran Self Organized Learning Environments (SOLE) berbasis blended learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji: (1) apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Self Organized Learning Environments (SOLE) berbasis blended learning terhadap kemandirian belajar peserta didik pada materi asam basa, (2) apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Self Organized Learning Environments (SOLE) berbasis blended learning terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada materi asam basa. Penelitian ini merupakan penelitian quasy experimental atau eksperimen semu. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2 SMA N 1 Godean. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar angket kemandirian belajar peserta didik dan soal tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik non parametrik uji Mann Whitney. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) terdapat pengaruh model pembelajaran Self Organized Learning Environments (SOLE) berbasis blended learning terhadap kemandirian belajar peserta didik pada materi asam basa berdasarkan hasil angket, (2) tidak terdapat pengaruh model pembelajaran Self Organized Learning Environments (SOLE) berbasis blended learning terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada materi asam basa berdasarkan hasil tes.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Retno Aliyatul Fikroh, M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Kemandirian Belajar, Hasil Belajar Kognitif, Dan Model Pembelajaran Self Organized Learning Environments (SOLE)
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 05 Sep 2022 08:53
Last Modified: 05 Sep 2022 08:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52699

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum