EFEKTIVITAS VIDEO ANIMASI (MOTION GRAPHIC) SEBAGAI MEDIA SOSIALISASI MODERASI BERAGAMA PADA PENONTON YOUTUBE CONVEY INDONESIA

Rachmadani Nurul Savitri, NIM.: 17102010083 (2022) EFEKTIVITAS VIDEO ANIMASI (MOTION GRAPHIC) SEBAGAI MEDIA SOSIALISASI MODERASI BERAGAMA PADA PENONTON YOUTUBE CONVEY INDONESIA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS VIDEO ANIMASI (MOTION GRAPHIC) SEBAGAI MEDIA SOSIALISASI MODERASI BERAGAMA PADA PENONTON YOUTUBE CONVEY INDONESIA)
17102010083_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS VIDEO ANIMASI (MOTION GRAPHIC) SEBAGAI MEDIA SOSIALISASI MODERASI BERAGAMA PADA PENONTON YOUTUBE CONVEY INDONESIA)
17102010083_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Indonesia merupakan negara beranekaragaman kultur, agama, suku, bahasa yang dimilikinya mempertontonkan sebagai salah satu bangsa yang memiliki masyarakat multikultural. Pengetahua dan pemahaman mengenani perbedaan ini sering kali kurang diperhatikan dan menjadi isu yang sensitif di masyarakat. Edukasi mengenai moderasi beragama yang menjadi jalan untuk membuat masyarakt menjadi lebih toleran terhadap perbedaan ini. Hal ini membuat media sosialisasi di era digital ini tumbuh kreatif seperti video animasi (motion graphic) pada kanal Youtueb Convey Indonensia. Pada penelitian bertujuan mengetahui bagaimana efektivitas video animasi (motion graphic) sebagai media sosialisasi moderasi beragama pada penonton Youtube Convey Indonesia. Pada penelitian menggunakna metode penelitian kuantitatif. Jumlah banyaknya dalam pada penelitian merupakan seluruh subcriber Youtube Convey Indonesia dan diperoleh sampel sebanyak 69 orang responden menggunakan cara purposive sampling dan pengambilan minimalisir sampel melalui rumus Rao Purba. Teori digunakan pada penelitian yaitu teori efektivitas komunikasii dati Stewart L. Tubbs dan Sylvia Moss dengan metode pengumpulan data yaitu kuisioner secara online, wawancara kepada peneliti serta pembuat video. Hasil dari pada penelitian menunnjukkan sejumlah 3,0 yang termasik dalam katergori efektif . Jadi dapat disimpulkan bahwa video animasi (motion graphic) efektif sebagai media sosialisasi moderasi beragama pada penonton Youtube Convey Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Khoiro Ummatin,S.Ag.,M..Si.
Uncontrolled Keywords: Video Animasi (Motion Graphic) , Media Sosialisasi, Youtube Convey Indonesia.
Subjects: Komunikasi Islam
Moderasi Beragama
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 12 Sep 2022 15:15
Last Modified: 12 Sep 2022 15:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52942

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum