HUBUNGAN ANTARA RELIGIUSITAS DAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS PADA MAHASISWA YANG MENGERJAKAN

Imroatun Azizah, NIM.: 17107010083 (2022) HUBUNGAN ANTARA RELIGIUSITAS DAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS PADA MAHASISWA YANG MENGERJAKAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA RELIGIUSITAS DAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS PADA MAHASISWA YANG MENGERJAKAN)
17107010083_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA RELIGIUSITAS DAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS PADA MAHASISWA YANG MENGERJAKAN)
17107010083_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Mahasiswa yang mengerjakan skripsi membutuhkan kesejahteraan psikologis karena untuk mengerjakan skripsi yang baik ada keseimbangan antara kemampuan kognitif dan kesejahteraan psikologis. Namun pada kenyataannya ada kondisi dimana mahasiswa mengalami keadaan psikologis yang rendah sehingga memunculkan kesulitan dalam mengerjakan skripsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara religiusitas dan dukungan sosial dengan kesejahteraan psikologis pada mahasiswa yang mengerjakan skripsi. Subjek dalam penelitian ini yaitu mahasiswa yang mengerjakan skripsi dengan jumlah 200 mahasiswa dengan populasi 6.833 mahasiswa yang mengerjakan skripsi. Data dianalisis melalui IBM SPSS Statistic 25. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah teknik korelasi pearson dan Analisis Regresi Berganda. Hasil analisis regresi berganda menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara religiusitas dan dukungan sosial dengan kesejahteraan psikologis dengan R sebesar 0,633, sumbangan efektif 40%, dan taraf signifikansi 0,000 (P<0,05) artinya hipotesis dalam penelitian ini diterima. Semakin tinggi religiusitas dan dukungan sosial maka akan semakin tinggi pula kesejahteraan psikologisnya dan sebaliknya. Hasil analisis pearson untuk religiusitas dengan kesejahteraan psikologis menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara religiusitas dengan kesejahteraan psikologis yaitu R sebesar 0,560, sig. 0,000 (P<0,05) dan sumbangan efektif sebesar 31%. Selanjutnya hasil pearson untuk dukungan sosial dengan kesejahteraan psikologis menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara dukungan sosial dengan kesejahteraan psikologis yaitu R sebesar 0,538, Sig. 0,000 (P<0,05) dan sumbangan efektif sebesar 29%. Nilai mean laki-laki sebesar 158.61 dan nilai mean perempuan sebesar 149.168, sehingga diartikan bahwa kesejahteraan psikologis laki-laki lebih tinggi daripada kesejahteraan psikologis perempuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Sara Palila., S.Psi., M.A.
Uncontrolled Keywords: Dukungan sosial, Kesejahteraan psikologis, Mahasiswa, Religiusitas, Skripsi.
Subjects: Kesusastraan Arab > Analisis Psikologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Psikologi (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 22 Sep 2022 13:54
Last Modified: 22 Sep 2022 13:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53131

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum