REGULASI DIRI IBU RUMAH TANGGA HAFIZAH DALAM MEWUJUDKAN KELUARGA SAKINAH (STUDI KASUS DUA IBU HAFIZAH DUSUN SERUT PALBAPANG BANTUL)

Himamussholikhin, NIM.: 18102020073 (2022) REGULASI DIRI IBU RUMAH TANGGA HAFIZAH DALAM MEWUJUDKAN KELUARGA SAKINAH (STUDI KASUS DUA IBU HAFIZAH DUSUN SERUT PALBAPANG BANTUL). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (REGULASI DIRI IBU RUMAH TANGGA HAFIZAH DALAM MEWUJUDKAN KELUARGA SAKINAH (STUDI KASUS DUA IBU HAFIZAH DUSUN SERUT PALBAPANG BANTUL))
18102020073_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (REGULASI DIRI IBU RUMAH TANGGA HAFIZAH DALAM MEWUJUDKAN KELUARGA SAKINAH (STUDI KASUS DUA IBU HAFIZAH DUSUN SERUT PALBAPANG BANTUL))
18102020073_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pada tanggung jawab seorang hafizh yang harus menjaga hafalan Qur’an dengan kuantitas yang terdiri dari 114 Surat, 6.236 Ayat (versi lain 6.666 Ayat), 77.439 kata, dan 323.015 huruf yang sama sekali berbeda dengan simbol huruf dalam bahasa Indonesia. Ditambah dengan tanggung jawab menjadi seorang ibu rumah tangga yang harus senantiasa menjadi pendamping suami, melayani suami, memanajemen keluarga, serta mencukupi berbagai keperluan rumah tangganya seperti memasak, menyapu, mencuci, mengasuh anak, memenuhi kebutuhan sosial dan rohaninya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif studi kasus kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi guna menggali informasi sedalam-dalamnya kemudian mendeskripsikannya dalam bentuk naratif. Subjek dalam penelitian ini adalah dua ibu rumah tangga hafizah Dusun Serut Palbapang Bantul. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan regulasi diri ibu rumah tangga hafizah Qur’an dalam mewujudkan keluarga sakinah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ibu rumah tangga hafizah melakukan regulasi diri dengan menentukan goal setting serta srategi yang akan digunakan. Dalam kasus ini didapatkan bahwa regulasi diri yang digunakan oleh subjek dalam mewujudkan keluarga sakinah meliputi pembagian peran dengan suami, manajemen waktu, dan refleksi diri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Abdullah, M.Si
Uncontrolled Keywords: Regulasi Diri, IRT Hafizah Qur’an, Keluarga Sakinah
Subjects: Bimbingan Konseling
Hukum Keluarga > Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 19 Sep 2022 11:06
Last Modified: 19 Sep 2022 11:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53163

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum