IMPLEMENTASI TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) DALAM UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN JEMAAH DI MASJID JOGOKARIYAN YOGYAKARTA

Desy Hidayah Shobrina, NIM.: 18102040058 (2022) IMPLEMENTASI TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) DALAM UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN JEMAAH DI MASJID JOGOKARIYAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) DALAM UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN JEMAAH DI MASJID JOGOKARIYAN YOGYAKARTA)
18102040058_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) DALAM UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN JEMAAH DI MASJID JOGOKARIYAN YOGYAKARTA)
18102040058_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Persoalan mengenai tata kelola masjid merupakan hal yang perlu diperhatikan lebih dalam. Pada saat ini dapat dilihat beragam problematika yang dihadapi oleh pengurus masjid seperti suara azan yang belum berkumandang lima waktu, atau bangunan masjid yang megah tetapi jumlah jemaahnya sedikit. Penerapan Total Quality Management dalam manajemen masjid diperlukan untuk memperbaiki semua elemen organisasi secara terus menerus dengan meningkatkan kualitas produk dan pelayanan yang berorientasi pada kebutuhan dan kepuasan jemaah sehingga masjid mampu untuk membangun umat yang rahmatan lil ‘alamin. Dikala masih banyaknya masjid yang belum dikelola secara modern sehingga menyebabkan sepinya jemaah maka lain halnya dengan Masjid Jogokariyan Yogyakarta yang selalu ramai akan pengunjung. Berdasarkan fenomena ini menarik untuk melakukan penelitian tentang Implementasi Total Quality Management dan kualitas pelayanan yang diberikan oleh Masjid Jogokariyan Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Total Quality Management (TQM) yang dilakukan oleh Masjid Jogokariyan Yogyakarta dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan jemaah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Adapun metode analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu triangulasi teknik pengumpulan data dan triangulasi sumber data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Masjid Jogokariyan Yogyakarta sudah menerapkan Total Quality Management dengan cukup baik meskipun masih ada beberapa kekurangan, dibuktikan dengan adanya karakteristik TQM yang sudah diterapkan yang selalu berfokus pada pelanggan yaitu dengan memberikan pelayanan sesuai dengan kebutuhan dan kepuasan jemaah, memiliki obsesi terhadap kualitas, kerja sama antara takmir dengan jemaah dan lembaga yang terkait, melakukan perbaikan sistem secara berkesinambungan yaitu dengan melakukan perbaikan baik dari segi manajemen,, sarana dan prasarana, memberikan pendidikan dan pelatihan kepada takmir, kesatuan tujuan, selain itu takmir juga dilibatkan dan diberikan kebebasan berpendapat. Sementara kualitas pelayanan yang diberikan Masjid Jogokariyan Yogyakarta secara keseluruhan juga sudah baik sesuai harapan dan keinginan jemaah, meskipun masih ada yang perlu ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Muhammad Irfai Muslim S.Pd., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Total Quality Management, Kualitas Pelayanan, Masjid Jogokariyan Yogyakarta.
Subjects: Manajemen Dakwah
Manajemen > Manajemen Perusahaan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 20 Sep 2022 09:56
Last Modified: 20 Sep 2022 09:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53225

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum