Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Fisika dengan Pendekatan Keterampilan Proses Sains (KPS) Pada Materi Suhu dan Kalor Kelas XI di MAN 4 Sleman

Khamid Fauzan, NIM.: 17106090046 (2022) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Fisika dengan Pendekatan Keterampilan Proses Sains (KPS) Pada Materi Suhu dan Kalor Kelas XI di MAN 4 Sleman. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Fisika dengan Pendekatan Keterampilan Proses Sains (KPS) Pada Materi Suhu dan Kalor Kelas XI di MAN 4 Sleman)
17106090046_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Fisika dengan Pendekatan Keterampilan Proses Sains (KPS) Pada Materi Suhu dan Kalor Kelas XI di MAN 4 Sleman Untuk Memenuhi Persyaratan Sarjana S-1 Program Studi Pendidikan Fisika)
17106090046_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Kurikulum 2013 menekankan proses pembelajaran dilaksanakan dengan pendekatan ilmiah. Proses pembelajaran dapat dilaksanakan dengan baik jika peserta didik memiliki Keterampilan Proses Sains (KPS) yang baik. Peneliti memiliki gagasan membuat LKPD untuk mengatasi permasalahan diatas. Tujuan dari penelitian adalah 1) menghasilkan LKPD dengan pendekatan keterampilan proses sains , 2) mengetahui kualitas LKPD menurut ahli materi, ahli media dan guru fisika, 3) mengetahui keterlaksanaan dan respon peserta didik terhadap LKPD. Ketiga tujuan tersebut untuk menyajikan proses pembelajaran fisika dengan menarik dan melatih Keterampilan Proses Sains (KPS) dari peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development yang dikembangkan Thiagarajan berupa 4D (define, design, development, dan disseminate) dibatasi pada tahap development yaitu uji terbatas. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala penilaian serta skala likert untuk lembar penilaian dan respon. Instrumen penelitian berupa lembar validasi, lembar penilaian, dan lembar respon peserta didik. Penilaian menggunakan skala likert dengan 4 opsi jawaban “Sangat Baik”, “Baik”, “Tidak Baik” dan “Sangat Tidak Baik”. Respon peserta didik menggunakan skala likert dengan 4 opsi jawaban yaitu “Sangat Setuju”, “Setuju”, “Tidak Setuju” dan “Sangat Tidak Setuju”. Hasil penelitian, 1) produk yang dihasilkan berupa LKPD dengan pendekatan keterampilan proses sains yang di dalamnya disusun untuk menunjang tercapainya proses pembelajaran sesuai kurikulum 2013 revisi, 2) kualitas LKPD berdasarkan ahli materi mendapatkan nilai 3,5 dengan kriteria sangat baik (SB), ahli media mendapatkan nilai 3,18 dengan kriteria baik (B), pendidik fisika mendapatkan nilai 3,31 dengan kriteria sangat baik (SB), 3) Respon peserta didik terhadap LKPD yang dikembangkan peneliti mendapatkan skor rata-rata 3.61 dengan kriteria sangat setuju (SS).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Widayanti, S.Si, M.Si.
Uncontrolled Keywords: LKPD,Suhu, Kalor, Keterampilan Proses Sains
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 22 Sep 2022 13:58
Last Modified: 22 Sep 2022 13:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53348

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum