DINAMIKA KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN SANTRI KELAS XII ASRAMA AL-USWAH MAN 1 SLEMAN KAPANEWON GODEAN KABUPATEN SLEMAN DI MASA PANDEMI

Irhas Sabililhaq, NIM.: 18104010036 (2022) DINAMIKA KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN SANTRI KELAS XII ASRAMA AL-USWAH MAN 1 SLEMAN KAPANEWON GODEAN KABUPATEN SLEMAN DI MASA PANDEMI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DINAMIKA KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN SANTRI KELAS XII ASRAMA AL-USWAH MAN 1 SLEMAN KAPANEWON GODEAN KABUPATEN SLEMAN DI MASA PANDEMI)
18104010036_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (DINAMIKA KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN SANTRI KELAS XII ASRAMA AL-USWAH MAN 1 SLEMAN KAPANEWON GODEAN KABUPATEN SLEMAN DI MASA PANDEMI)
18104010036_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah tidak berhasilnya santri kelas XII Asrama Al-Uswah MAN 1 Sleman mencapai target hafalan selama menjalani taḥfiẓul qur’an online, yaitu sejak Maret 2020 hingga Oktober 2021. Target hafalan yang seharusnya mendapat 2 juz hanya dapat diselesaikan oleh sedikit santri, mayoritas diantara mereka hanya mendapatkan satu juz atau bahkan beberapa halaman Al-Qur’an. Tidak berhasilnya para santri dalam mencapai target hafalan Al-Qur’an berbanding lurus dengan kemampuan menghafal Al-Qur’an mereka yang dinamis saat pandemi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kegiatan taḥfiẓul qur’an santri kelas XII Asrama Al-Uswah MAN 1 Sleman di masa pandemi, faktor pendukung dan penghambat kemampuan menghafal Al-Qur’an santri kelas XII Asrama Al-Uswah MAN 1 Sleman di masa pandemi, dan solusi untuk mengatasi penurunan kemampuan menghafal Al-Qur’an santri kelas XII Asrama Al-Uswah MAN 1 Sleman di masa pandemi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan seorang kepala Asrama Al-Uswah MAN 1 Sleman, 4 orang pembina asrama Al-Uswah, dan 8 santri kelas XII sebagai informan penelitian. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan metode keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Kemudian metode analisis data menggunakan model milik Miles dan Hubberman, yaitu reduksi data, penyajian data (display), dan verifikasi data (penarikan kesimpulan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kegiatan taḥfiẓul qur’an Asrama Al-Uswah MAN 1 Sleman dilaksanakan setiap selepas salat subuh (ziyadah/penambahan hafalan baru) dan magrib (muraja’ah/pengulangan hafalan). Terdapat ujian taḥfiẓ berupa glondongan. Selama pandemi, taḥfiẓul qur’an dilaksanakan secara online/daring melalui aplikasi WhatsApp, 2) Beberapa faktor pendukung kemampuan menghafal Al-Qur’an santri kelas XII Asrama Al-Uswah MAN 1 Sleman di masa pandemi diantaranya adalah regulasi kegiatan taḥfiẓul qur’an online maupun offline yang sistematis dan adanya pengawasan pengampu taḥfiẓul qur’an melalui grup WhatsApp. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya kemampuan manajemen waktu antara kepentingan pribadi, sekolah, dan asrama, penggunaan gawai/handpone yang kurang bijak, dan kondisi lingkungan yang tidak mendukung, 3) Solusi dari adanya kemampuan menghafal Al-Qur’an santri kelas XII Asrama Al-Uswah MAN 1 Sleman yang mengalami penurunan yaitu dengan senantiasa menghidupkan komunikasi aktif antara pembina dan santri, melakukan pendekatan individual, memberikan motivasi dan nasihat, menambah waktu khusus untuk muraja’ah dan ujian taḥfiẓ/glondongan bagi santri, serta dengan menyediakan lingkungan yang sehat/mendukung bagi santri selaku penghafal Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Ahmad Hanany Naseh, M.A.
Uncontrolled Keywords: kemampuan, taḥfiẓul qur’an, masa pandemi.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 22 Sep 2022 15:53
Last Modified: 22 Sep 2022 15:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53349

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum