PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF MENGGUNAKAN BARANG BEKAS (PAPAN MAGNET BERCERITA BONEKA BOTOL YAKULT) UNTUK MENGEMBANGKAN BAHASA ANAK USIA DINI DI KELOMPOK B RA AR RAFIF

David Triatna, NIM.: 18104030012 (2022) PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF MENGGUNAKAN BARANG BEKAS (PAPAN MAGNET BERCERITA BONEKA BOTOL YAKULT) UNTUK MENGEMBANGKAN BAHASA ANAK USIA DINI DI KELOMPOK B RA AR RAFIF. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF MENGGUNAKAN BARANG BEKAS (PAPAN MAGNET BERCERITA BONEKA BOTOL YAKULT) UNTUK MENGEMBANGKAN BAHASA ANAK USIA DINI DI KELOMPOK B RA AR RAFIF)
18104030012_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF MENGGUNAKAN BARANG BEKAS (PAPAN MAGNET BERCERITA BONEKA BOTOL YAKULT) UNTUK MENGEMBANGKAN BAHASA ANAK USIA DINI DI KELOMPOK B RA AR RAFIF)
18104030012_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan kurang tertariknya anak terhadap metode bercerita di kelas B RA AR Rafif sehingga kemampuan berbahasa beberapa anak menjadi rendah padahal dengan berbahasa anak dapat berkomunikasi dengan orang lain dan meningkatkan pengetahuan pada diri anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan APE menggunakan barang bekas botol yakult sekaligus mengetahui kelayakan produk yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Dick&Carry yang terdiri dari tahap Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Instrumen penelitian berupa angket yang memiliki skala pengukuran Likert untuk mengetahui penilaian dari ahli media, ahli materi, kepala sekolah, dan guru, dan mengetahui respon peserta didik terhadap APE papan magnet bercerita boneka botol yakult. Uji coba dilakukan kepada sejumlah 14 peserta didik kelas B dalam rentang usia 5-6 tahun. Data yang diperoleh merupakan data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian pengembangan APE dari barang bekas penilaian oleh skor ahli media 97% memperoleh kategori “Sangat Valid”, ahli materi 92% memperoleh kategori “Sangat Valid”, kepala sekolah dan guru 99% memperoleh kategori “Sangat Praktis”. APE ini dapat mengembangkan bahasa pada anak usia 5-6 tahun dibuktikan dengan sebelum menggunakan APE didapat hasil persentase perkembangan bahasa anak adalah 67,5% dan setelah menggunakan APE didapat presentase sebesar 93,08%. Berdasarkan hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa APE papan magnet bercerita boneka botol yakult yang dikembangkan telah memenuhi standar kelayakan dan dapat dijadikan sebagai salah satu media bercerita di sekolah. Manfaat penggunaan APE papan magnet bercerita boneka botol yakult dalam proses pembelajaran anak usia dini yaitu dapat meningkatkan kemampuan intelektual anak dalam hal berbicara terutama berbicara secara lisan, karena dengan menggunakan APE papan magnet bercerita boneka botol yakult ini akan menjadikan anak lebih aktif lagi dalam proses pembelajaran di kelas, sehingga perkembangan anak akan meningkat dengan baik dan APE ini juga dapat membuat anak lebih memiliki perbendaharaan kosakata yang banyak, sehingga dalam menyampaikan sesuatu anak tidak mengalami kesulitan dan perkembangan bahasa anak akan meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Siti Zubaedah, S.Ag., M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: R&D, APE Barang Bekas, Bercerita, Bahasa, Boneka Botol Yakult
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 23 Sep 2022 13:58
Last Modified: 23 Sep 2022 13:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53380

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum