PELATIHAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS GURU DI KB. FUN ISLAMIC SCHOOL PURWOREJO

Deden HMS, NIM.: 18204030031 (2022) PELATIHAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS GURU DI KB. FUN ISLAMIC SCHOOL PURWOREJO. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PELATIHAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS GURU DI KB. FUN ISLAMIC SCHOOL PURWOREJO)
18204030031_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PELATIHAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS GURU DI KB. FUN ISLAMIC SCHOOL PURWOREJO)
18204030031_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan guru PAUD yang belum banyak memiliki kreativitas untuk mengemas sebuah materi yang menarik, asyik dan menyenangkan sehingga berimbas pada rendahnya motivasi dan perkembangan anak, maka dibutuhkan kreativitas guru agar dapat memiliki metode pembelajaran yang mampu meningkatkan kreativitas mengajar. Model Quantum Teaching adalah suatu model belajar yang menciptakan lingkungan belajar yang efektif dengan cara menggunakan unsur-unsur yang ada pada siswa dan lingkungan belajarnya karena guru menyampaikan materi dengan cara yang menyenangkan. Untuk itu penulis mencoba meneliti tentang pelatihan Quantum Teaching sebagai salah satu model pembelajaran agar guru mampu membuat siswa nyaman, kreatif, senang dan mampu menciptakan suasana yang menyenangkan di KB. Fun Islamic School. Penelitian ini bertujuan untuk yang pertama mengetahui adanya peningkatan kreativitas mengajar guru. Kemudian untuk mengetahui efektifitas guru dalam pembelajaran Quantum Teaching. Penelitian ini menggunakan metode campuran yang digunakan adalah metode campuran konkuren triangulasi merujuk pada penjelasan Cresswel (2009) yaitu dengan menggabungkan dua metode secara secara terpisah bertujuan untuk membandingkan metode tersebut, menutupi atau menyeimbnagkan kelemahan dari satu metode dengan kekuatan dari metode lain. Hasil dari penelitian ini menghasilkan pertama, Modul pelatihan Quantum Teaching untuk meningkatkan kreativitas guru mengajar di sekolah dilakukan sampai tahapan uji coba skala besar belum mencapai tahapan viii pemakaian luas karena keterbatasan waktu dan biaya. Kedua, Modul pelatihan Quantum Teaching layak untuk digunakan dalam penerapan pembelajaran di tingkat PAUD. Ketiga, penggunaan Modul pelatihan Quantum Teaching dianggap efektif dalam meningkatkan kreatifitas mengajar guru di sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Muqowim, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kreativitas, Model Pembelajaran Quantum Teaching, Asyik dan Menyenangkan
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 27 Sep 2022 10:05
Last Modified: 27 Sep 2022 10:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53500

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum