EFEKTIFITAS BIBLIOTERAPI UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL ANAK DI PANTI ASUHAN STUDI DI PANTI SOSIAL ASUHAN MUHAMMADIYAH BANDUNG

Shilhiya Khairi Nafs, NIM.: 20200011026 (2022) EFEKTIFITAS BIBLIOTERAPI UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL ANAK DI PANTI ASUHAN STUDI DI PANTI SOSIAL ASUHAN MUHAMMADIYAH BANDUNG. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIFITAS BIBLIOTERAPI UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL ANAK DI PANTI ASUHAN STUDI DI PANTI SOSIAL ASUHAN MUHAMMADIYAH BANDUNG)
20200011026_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIFITAS BIBLIOTERAPI UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL ANAK DI PANTI ASUHAN STUDI DI PANTI SOSIAL ASUHAN MUHAMMADIYAH BANDUNG)
20200011026_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tesis ini merupakan studi biblioterapi untuk meningkatan kecerdasan spiritual anak di panti asuhan. Argumen dalam tesis ini adalah biblioterapi menjadi salah satu teknik yang efektif utnuk meningkatkan kecerdasan spiritual anak. Argumen ini didasarkan pada kecenderungan awal anak panti yang memiliki tingkat kecerdasan spiritual rendah yang ditunjukan dengan adanya sikap tidak percaya diri, pesimis, melanggar aturan, dan belum memiliki planning dalam hidupnya. Kecenderungan tersebut berubah dan mengalami peningkatan setelah diadakannya treatment biblioterapi. Peningkatan itu terlihat dalam hasil posttest dan sikap yang menunjukkan adanya perubahan seperti lebih percaya diri, memiliki visi dan misi dalam hidup, dan mengikuti aturan ada. Penelitian ini mengacu pada teori danah Zohar dan Ian Marsahll terkait dengan kecerdasan spiritual. Adapun teori Samuel Crothers (1916) dan mengenai biblioterapi yang menyebutkan bahwa terapi ini efektif digunakan untuk konseli agar membantu dalam menyelesaikan masalahnya. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah desain eksperimen. Desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah preexperimental designs. Bentuk preexperimental desain yang digunakan adalah one group pretest-postest. Subjek dalam penelitian ini adalah anak di Panti Sosial Asuhan Muhammadiyah Bandung yang berjumlah 30 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan konsep skala kecerdasan spiritual yang disusun peneliti dan telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Adapun analisis datanya menggunakan uji paired sample t-test dengan menggunakan bantuan program SPSS versi 21. Melalui metode eksperimen penelitian ini menyimpulan bahwa biblioterapi dapat meningkatkan kecerdasan spiritual anak panti asuhan. Hal tersebut terlihat dari hasil nalisis data, diketahui nilai sig. (sig. 2-tailed) adalah sebesar 0.000 < 0.05, sehingga berdasarkan pada pedoman pengambilan keputusan, dapat disimpulkan bahwa H1 diterima. Maka penggunaan teknik bliblioterapi ini efektif untuk meningkatkan kecerdasan spiritual anak di Panti Sosial Muhammadiyah Bandung. Kesimpulan ini mengukuhkan hasil riset sebelumnya yang menegaskan teknik biblioterapi efektif untuk meningkatkan kecerdasam spiritual. Tesis ini cukup penting dalam menumbuhkan karakter anak dan penting untuk dikembangkan di lingkungan pendidikan khusunya panti asuhan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Nurjannah, M. Si
Uncontrolled Keywords: Biblioterapi, Kecerdasan Spiritual, Anak Panti Asuhan
Subjects: Permasalahan dan Layanan kepada Anak dan Remaja
Bimbingan Konseling
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 28 Sep 2022 08:18
Last Modified: 28 Sep 2022 08:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53526

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum