PENGARUH PERIKLANAN, PERSONAL SELLING DAN PUBLISITAS TERHADAP VOLUME TABUNGAN PADA BMT BINA IHSANUL FIKRI YOGYAKARTA

FATKHUL HUDA - NIM. 05390059, (2011) PENGARUH PERIKLANAN, PERSONAL SELLING DAN PUBLISITAS TERHADAP VOLUME TABUNGAN PADA BMT BINA IHSANUL FIKRI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PERIKLANAN, PERSONAL SELLING DAN PUBLISITAS TERHADAP VOLUME TABUNGAN PADA BMT BINA IHSANUL FIKRI YOGYAKARTA)
BAB I,V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (870kB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PERIKLANAN, PERSONAL SELLING DAN PUBLISITAS TERHADAP VOLUME TABUNGAN PADA BMT BINA IHSANUL FIKRI YOGYAKARTA)
BAB II,III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (573kB)

Abstract

Tujuan utama kegiatan promosi adalah untuk mencapai laba maksimal. Demikian halnya di BMT Ihsanul Fikri Yogyakarta, untuk meningkatkan volume tabungan langkah-langkah yang ditempuh adalah dengan melakukan kegiatan periklanan personal selling dan publisitas. Periklanan personal selling dan publisitas sangat berpengaruh terhadap tinggi rendahnya pendapatan perusahaan. Inilah pentingnya menentukan kegiatan periklanan personal selling dan publisitas, untuk menekan biaya serendah-rendahnya, mampu menggunakan berbagai alternatif untuk menggerakkan produk dan manfaatnya kepada masyarakat, serta meningkatkan volume penjualan perusahaan. Dengan demikian periklanan, personal selling dan publisitas mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan volume tabungan. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian de facto karena datanya berupa data atau peristiwa yang telah terjadi, sedangkan desain penelitiannya berbentuk kausal karena berupa hubungan sebab akibat atau pengaruh antara variabel satu dengan variabel yang lainnya. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan dengan jalan dokumentasi atas biaya periklanan, biaya personal selling, publisitas, dan volume tabungan tahun 2000-2009 pada BMT Ihsanul Fikri Yogyakarta. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa volume tabungan dipengaruhi oleh periklanan dan publisitas, sedangkan diantara ketiga variabel independen, variabel personal selling tidak berpengaruh signifikan, variable periklanan memiliki pengaruh yang lebih dominan (Rp. 1.203.352) jika dibandingkan dengan pengaruh variabel publisitas (Rp. 218.232) terhadap volume tabungan. Analisis ini dapat dibuktikan dengan uji t yang menunjukkan bahwa variable periklanan berpengaruh positif dengan nilai signifikansi 0,000 0,05 (derajat kepercayaan) dan variabel publisitas dengan nilai signifikansi sebesar 0,036 0,05 (derajat kepercayaan), sehingga terbukti bahwa ke dua variabel independen berpengaruh secara signifikan terhadap volume tabungan. Hasil uji F juga menunjukkan bahwa probabilitas 0,000 0,05 (derajat kepercayaan) sehingga terbukti bahwa biaya periklanan, biaya personal selling dan publisitas berpengaruh secara signifikan terhadap volume tabungan. Angka koefisien determinasi menunjukan bahwa 76,9% variasi variabel volume tabungan dapat dijelaskan oleh variabel biaya periklanan (X1), biaya personal selling (X2) dan biaya publisitas (X3), sedangkan sisanya sebesar 23,1% dijelaskan oleh variabel-variabel lain yang tidak masuk dalam model.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. H. Syafiq Mahmadah Hanafi, S.Ag., M.Ag. 2. Drs. A.Yusuf Khoirudin, SE, M.Si.
Uncontrolled Keywords: periklanan, personal selling, publisitas, volume tabungan
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 23 Sep 2013 11:53
Last Modified: 26 Aug 2016 10:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5353

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum