ISLAMIC PARENTING EDUCATION DI TKIT SALMAN ALFARISI YOGYAKARTA

Murniyati Djufri, S.Ag, NIM.: 20200011119 (2022) ISLAMIC PARENTING EDUCATION DI TKIT SALMAN ALFARISI YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ISLAMIC PARENTING EDUCATION DI TKIT SALMAN ALFARISI YOGYAKARTA)
20200011119_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ISLAMIC PARENTING EDUCATION DI TKIT SALMAN ALFARISI YOGYAKARTA)
20200011119_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Modernitas zaman memberikan tantangan dalam dunia pendidikan untuk lebih memperhatikan perilaku anak. Berbagai media menyodorkan beragam perilaku amoral yang dilakukan oleh anak-anak; mulai dari bullying, ngelem, sikap intoleran, hingga kasus pornografi yang menjaring anak-anak. Mengingat apa yang dikatakan oleh Kuntowijoyo bahwasanya di balik perkembangan ilmu dan teknologi, zaman yang modern menyimpan sesuatu yang bisa menghancurkan martabat kemanusiaan. Oleh karenanya, pendidikan yang diberikan perlu dikuatkan juga dari dalam keluarga dengan lebih meningkatkan perhatian pada pendidikan spiritualitas. Yang disayangkan, tidak semua orang tua memahaminya. Maka menurut Zakiah Daradjat, orang tua membutuhkan bantuan orang lain, dalam hal ini sekolah menjadi lembaga yang kredibel dan kompatibel untuk memberikan pemahaman kepada orang tua mengenai pengasuhan dan pendidikan untuk anak. Atas dasar itulah, penelitian ini mengkaji bagaimana konsep Islamic parenting education dan bagaimana parenting education dalam pendekatan spiritualitas Islam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus terhadap program Islamic Parenting Education yang dilaksanakan di TKIT Salman Al- Farisi Yogyakarta. Data-data dikumpulkan melalui wawancara secara langsung (face to face) maupun via daring. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, 3 orang guru serta 10 orang tua siswa TKIT Salman Al-Farisi. Selain itu, data-data juga didapatkan melalui observasi dan dokumentasi di TKIT Salman Al-Farisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Islamic parenting education di TKIT Salman Al-Farisi memiliki sebutan khusus yakni SOS (Sekolah Orang Tua Salman). SOS merupakan bentuk pendidikan untuk orang tua yang mencakup perihal pengasuhan anak dengan pendidikan agama dan karakter berdasarkan nilai-nilai Islam. Yang lebih ditekankan dalam SOS mengarah kepada perhatian terhadap ibadah dan adab dengan mencontohkan, berusaha merutinkan, dan membiasakan kepada anak. Adapun spiritualitas masih kurang mendapat perhatian dalam SOS. Sehingga menunjukkan bahwa spiritualitas menjadi urgensi dalam pelaksanaan SOS yang perlu diseimbangkan dengan kedua aspek sebelumnya. Hal ini supaya ada pemaknaan dalam pengasuhan dan pendidikan yang diberikan kepada anak dengan keterhubungan pada Tuhan (muraqobah). Agar kemudian dapat terimplementasikan pada penumbuhan kecerdasan dan kearifan anak yang dipenuhi kelembutan dan kasih sayang dalam muraqobah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Islamic Parenting Education, Spiritualitas Islam
Uncontrolled Keywords: Islamic Parenting Education, Spiritualitas Islam, Sekolah Orang Tua Salman (SOS)
Subjects: Psikologi > Psikologi Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Psikologi Pendidikan Islam
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 28 Sep 2022 11:18
Last Modified: 28 Sep 2022 11:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53573

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum