STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK INTENSIF PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MI BAIQUNIYYAH YOGYAKARTA

Firdian, NIM.: 20204081033 (2022) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK INTENSIF PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MI BAIQUNIYYAH YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK INTENSIF PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MI BAIQUNIYYAH YOGYAKARTA)
20204081033_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK INTENSIF PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MI BAIQUNIYYAH YOGYAKARTA)
20204081033_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan menyimak peserta didik dalam pembelajaran mengalami hambatan. Hal ini disebabkan peserta didik kurang fokus dan kurang minat belajar. Oleh karena itu, guru memerlukan strategi dalam meningkatkan keterampilan menyimak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru dalam meningkatkan keterampilan menyimak intensif peserta didik, untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi dalam peningkatan keterampilan menyimak intensif peserta didik dan untuk mengetahui dampak dalam meningkatkan keterampilan menyimak intensif peserta didik. Jenis penelitian yang bersifat kualitaif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Narasumber untuk pengumpulan data adalah wali kelas, waka kurikulum, kepala sekolah, guru mata pelajaran, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, kesimpulan. Uji keabasahan data menggunakan triangulasi yaitu sumber, teknik dan waktu Hasil penelitian menunjukan bahwa, pertama strategi guru dalam meningkatkan keterampilan menyimak peserta didik ialah strategi yang berpusat pada peserta didik, strategi yang berpusat pada pengajaran, strategi pembelajaran berpusat pada materi pembelajaran. Kedua faktor-faktor yang mempengaruhi dalam peningkatan keterampilan menyimak peserta didik yakni faktor fisik, faktor lingkungan, faktor peranan, faktor psikologi, faktor sikap, motivasi. Sedangkan dampak strategi guru dalam meningkatkan keterampilan menyimak intensif peserta didik yakni munculnya sikap percaya diri dan peserta didik lebih berpikir kritis.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. H. Sedya Santosa, SS. M.Pd,
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru, Ketermapilan Menyimak Intensif, Pembelajaran Tematik
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 30 Sep 2022 10:35
Last Modified: 30 Sep 2022 10:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53684

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum