ANALISIS SIYASAH SYAR’IYAH TERHADAP PELAKSANAAN PEMILIHAN KEPALA DESA DI DESA PIR TRANS SOSA IV KECAMATAN HUTA RAJA TINGGI KABUPATEN PADANG LAWAS PERIODE 2016 - 2022

Ade Noviani Ritonga, NIM.: 18103070015 (2022) ANALISIS SIYASAH SYAR’IYAH TERHADAP PELAKSANAAN PEMILIHAN KEPALA DESA DI DESA PIR TRANS SOSA IV KECAMATAN HUTA RAJA TINGGI KABUPATEN PADANG LAWAS PERIODE 2016 - 2022. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS SIYASAH SYAR’IYAH TERHADAP PELAKSANAAN PEMILIHAN KEPALA DESA DI DESA PIR TRANS SOSA IV KECAMATAN HUTA RAJA TINGGI KABUPATEN PADANG LAWAS PERIODE 2016 - 2022)
18103070015_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS SIYASAH SYAR’IYAH TERHADAP PELAKSANAAN PEMILIHAN KEPALA DESA DI DESA PIR TRANS SOSA IV KECAMATAN HUTA RAJA TINGGI KABUPATEN PADANG LAWAS PERIODE 2016 - 2022)
18103070015_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Analisis Siyasah Syar‟iyah Terhadap Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Di Desa Pir Trans Sosa IV Kecamatan Huta Raja Tinggi Kabupaten Padang Lawas, membahas tentang pemilihan kepala desa. Pemilihan pemimpim dalam Islam hukumnya wajib, karena pemimpin yang mengatur jalannya kehidupan di Negara. Dalam ajaran Islam tidak ada yang yang secara spesifik menjelaskan tentang sistem politik akan tetapi Alquran dan Hadis mengajarkan kepada Umat muslim untuk mengangkat seorang pemimpin dalam suatu Negara untuk mengatur kesejahteraan dan mengayomi masyarakat dalam kepemimipinannya. Dari latar belakang yang telah penulis jelaskan diatas, maka rumusan masalah yang akan dianalisis oleh penulis yaitu bagaimana proses pelaksanaan pemilihan kepala desa Pir Trans Sosa IV periode 2016 – 2022, serta bagaimana pandangan Islam dalam proses pelaksanaan pemilihan kepala desa Pir Trans Sosa IV periode 2016 – 2022 Kecamatan Huta Raja Tinggi Kabupaten Padang Lawas. Adapun tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk melihat dalam pelaksanaan pemilihan kepala desa di desa Pir Trans Sosa IV Kecamatan Huta Raja Tinggi Kabupaten Padang Lawas kemudian di tinjau dari sudut Siyasah Syar‟iyah. Skripsi ini menggunakan jenis penelitian lapangan (Field research) yaitu penelitian yang langsung dilakukan di lapangan. Selain dari pada itu penulis juga menggunakan jenis peneltian pustaka (Library research) yaitu penelitian yang dilaksanakan menggunakan literature (kepustakaan), baik berupa buku, catatan, maupun laporan hasil penelitian dari peneliti terdahulu. Dalam penyususnan skripsi ini, penulis menggunakan sifat deskriptif analisis, yaitu peneltian yang bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis mengenai subjek yang diteliti. Penulis mengambil data secara observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah melakukan upaya pengumpulan data, penulis akan menganalisa data dalam penelitian menggunakan analisa data secara deduktif dan indikatif. Kemudian penulis mengadakan perbandingan antara teori dengan kenyataan yang terjadi di lapangan guna mengambil kesimpulan yang berisi bahwa Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2016 tentang Pemilihan Kepala Desa ini belum sepenuhnya berjalan di desa Pir Trans Sosa IV, dan juga Undang-Undang Nomor 9 tahun 2016 tentanng Pemlihan Kepala Desa ini tidak bertentangan dengan siyasah syar‟iyah dikarenakan Undang-Undang Nomor 9 tahun 2016 tentang Pemilihan Kepala Desa belum sepenuhnya berjalan dan belum menjadi aturan utama oleh aparat Desa, namum Undang-Undang Nomor 9 tahun 2016 ini sesuai dengan syariat Islam yang mengajarkan bahwa seorang pemimpn haruslah mempunyai prinsip persamaan hak antar individu rakyat, prinsip musyawarah, prinsip pengawasan atas para bakal calon dan aparat, prinsip kejujuran, serta prinsip menyampaikan amanah kepada yang berhak dan berlaku adil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. M.Rizal Qasim, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kepala Desa, Siyasah Syar’iyah,
Subjects: Hukum Tata Negara
Pemerintahan Desa
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (S-1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 04 Oct 2022 11:47
Last Modified: 04 Oct 2022 11:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53834

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum