PONDOK PESANTREN TAHFIDZUL QUR' AN AL ASY' ARIYYAH DESA KALIBEBER MOJOTENGAH WONOSOBO DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA

Johan Amru, NIM. 99232671 (2004) PONDOK PESANTREN TAHFIDZUL QUR' AN AL ASY' ARIYYAH DESA KALIBEBER MOJOTENGAH WONOSOBO DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (POND OK PESANTREN TAHFIDZUL QUR' AN AL ASY' ARIYYAH DESA KALIBEBER MOJOTENGAH WONOSOBO DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA)
99232671_Bab I_Bab IV_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (POND OK PESANTREN TAHFIDZUL QUR' AN AL ASY' ARIYYAH DESA KALIBEBER MOJOTENGAH WONOSOBO DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA)
99232671_Bab II_Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Berdasarkan data yang penulis dapatkan, dalam hubungannya dengan teori yang menyebutkan bahwa PSDM dapat terwujud dengan adanya dua bentuk, yaitu kesehatan dan pendidikan, yang mana kedua bentuk tersebut mempunyai pengaruh dan menjadi tolak ukur bagi tinggi rendahnya kualitas manusia. Hal ini dapat penulis letakkan sebagai panduan analisis dalam rangka penelitian di PPTQ Al Asy'ariyyah Kalibeber, Mojotengah, Wonosobo, Jawa Tengah. Dalam kenyataannya di lapangan, kesehatan yang digalakkan di PPTQ Al Asy'ariyyah memiliki peranan yang sangat penting guna menunjang jalannya pendidikan, baik formal maupun non formal. Kesehatan yang penulis jadikan penelitian dalam rangka upaya PSDM di PPTQ Al Asy'ariyyah diwujudkan melalui poliklinik Maryam. Sesuai data yang diperoleh, dalam poliklinik Maryam ini memiliki beberapa usaha yang dimaksudkan untuk meningkatkan kesehatan santri, yaitu meliputi fungsi dan tujuan poliklinik, jadwal pelayanan kesehatan, hubungan santri di bidang kesehatan, hubungan santri dengan poliklinik Maryam, tenaga rnedis, jenis pelayanan, cara berobat dan pengadaan obat. Dari upaya PSDM melalui kesehatan yang diwujudkan melalui poliklinik tersebut dapat dikatakan telah ada upaya nyata oleh pihak PPTQ Al Asy'ariyyah dalarn hal peningkatan kesehatan santri pada khususnya dan rnasyarakat pada urnurnnya, melalui tindakan prefentif, kuratif dan promotif dan adanya keterlibatan santri seeara langsung dalam ha! kesehatan, baik keterlibatan tersebut dalam ha! upaya prefentif, kuratif maupun promotif sehingga upaya peningkatan kesehatan dalam rangka PSDM dapat selalu ditingkatkan. Flasil dari upaya kesehatan tersebut adalah terwujudnya kesehatan santri yang semakin baik yang dibuktikan dengan tertanggulanginya penyakit-penyakit endemik seperti penyakit kulit, batuk, flu, demam dan sebagainya sehingga dapat menunjang jalannya pendidikan dengan baik ( efektif dan efisien). Bentuk PSDM selain melalui kesehatan Juga melalui pendidikan. Pendidikan ini merupakan strategi yang telah lama dirumuskan guna melakukan usaha PSDM. Pendidikan dianggap sebagai unsur yang sangat penting dalam PSDM, karena pendidikan merupakan sumber informasi ilmiah baik secara teoritis maupun praktis guna mencapa1 sumber daya manusia (SOM) yang bennutu sehingga akan terwL

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Aziz Muslim, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an Al-Asy'ariyyah, Pengembangan Sumber Daya Manusia
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 01 Nov 2022 09:14
Last Modified: 01 Nov 2022 09:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54666

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum