PENGARUH PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA/MA PADA MATERI REAKSI REDOKS

Nisaun Nashirotud Diniyah, NIM.: 18106070010 (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA/MA PADA MATERI REAKSI REDOKS. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA/MA PADA MATERI REAKSI REDOKS)
18106070010_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA/MA PADA MATERI REAKSI REDOKS)
18106070010_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada Abad 21 menuntut orang untuk bekerja lebih keras untuk beradaptasi dengan semua aspek kehidupan. Salah satu kunci sukses dalam menghadapi tantangan Abad 21 adalah “melek sains” (science literacy) karena orang dengan pengetahuan ilmiah dapat menggunakan informasi ilmiah yang mereka ketahui untuk memecahkan masalah kehidupan sehari-hari dan untuk menciptakan produk ilmiah yang bermanfaat. Keterampilan yang dibutuhkan pada Abad 21 ini dapat diperoleh melalui proses pembelajaran yang melibatkan keterampilan proses sains. Keterampilan proses dalam pembelajaran menuntut siswa untuk secara aktif memperoleh kebenaran dengan secara mandiri mencoba mencari tahu hukum atau proposisi. Salah satu dari model pembelajaran yang cocok untuk mengaktifkan siswa adalah model guided inquiry (inkuiri terbimbing). Model pembelajaran ini memposisikan siswa sebagai ilmuwan yang akan menemukan atau memecahkan suatu masalah melalui kegiatan ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh model guided inquiry terhadap keterampilan literasi sains dan keterampilan proses sains melalui materi Reaksi Reduksi dan Oksidasi (Redoks). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain “Pretest-posttest Control Group Desain”. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MIPA kelas X SMA Ma’arif NU 1 Kemaranjen. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan teknik Cluster Random Sampling, adapun sampel penelitian yang digunakan yaitu siswa kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2. Pengumpulan data melalui instrumen tes berupa soal uraian dan non tes berupa lembar observasi. Data kemampuan literasi sains dianalisis dengan menggunakan uji non parametrik uji tanda (sign test) dan hasil lembar observasi dianalisis secara deskriptif dengan teknik persentase. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa, terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan literasi sains siswa pada materi redoks berdasarkan hasil tes uraian dan terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan literasi sains siswa pada materi redoks berdasarkan hasil observasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Jamil Suprihatiningrum, Ph.D.
Uncontrolled Keywords: literasi sains, keterampilan proses sains, dan model pembelajaran inkuiri terbimbing
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 02 Nov 2022 09:49
Last Modified: 02 Nov 2022 10:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54667

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum