PENGARUH BIMBINGAN DAN KONSELING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MAN 2 KEBUMEN

Sofiatun Hidayati, NIM.: 96222062 (2003) PENGARUH BIMBINGAN DAN KONSELING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MAN 2 KEBUMEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH BIMBINGAN DAN KONSELING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MAN 2 KEBUMEN)
96222062_Bab I_Bab IV_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH BIMBINGAN DAN KONSELING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MAN 2 KEBUMEN)
96222062_Bab II_Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Bimbingan dan konseling di sekolah merupakan masalah yang tidak dapat diabaikan dalam proses pendidikan. Bila kita lihat dewasa ini yang menunjukkkan betapa pentingnya bimbingan dan konseling di sekolah terutama dalam hal memberikan pertolongan bagi siswa yang mengalami kesulitan atau persoalan yang dihadapinya. Dengan siswa mempunyai persoalan itulah mengakibatkan siswa memperoleh prestasi belajar yang kurang memuaskan, sehingga persoalan itu sudah barang tentu harus dicari jalan keluar sebagai upaya pemecahannya. Di MAN 2 Kebumen telah diselenggarakan program bimbingan dan konseling, akan tetapi dalam pelaksanaan kegiatannya masih ada siswa-siswi yang mengalami persoalan­persoalan yang menjadikan prestasi siswa menurun atau tidak memuaskan. Hal ini menyebabkan perlu adanya pemecahan yang melibatkan bimbingan dan konseling dalam penyelesaian masalahnya. Metode analisis data penelitian ini dengan melakukan analisis kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data dengan interview, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah: 1. Pelaksanaan bimbingan dan konseling dalarn upaya rneningkatkan prestasi belajar siswa di MAN 2 Keburnen dapat berjalan dengan baik. Bentuk kegiatan tersebut antara lain dengan birnbingan belajar, kelompok belajar, tarnbahan Jam pelajaran yang dilakukan oleh bimbingan konseling dengan cara bekerjasarna dengan para guru bidang studi. Dengan adanya kegiatan tersebut diharapkan akan dapat rnernbantu siswa dalarn rneningkatkan prestasi belajar siswa. 2. Kecenderungan urnurn tanggapan dan apresiasi siswa terhadap pelaksanaan birnbingan dan konseling di MAN 2 Kebumen adalah rata-rata adalah tinggi, dengan nilai absolut rata-rata 74,7 3. Kecenderungan urnurn tingkat prestasi belajar siswa di MAN 2 Keburnen adalah rata-rata baik, dengan nilai absolute rata-rata sebesar 71,64 4. Bimbingan dan konseling di MAN 2 Kebumen rnempunyai pengaruh yang positif dalarn rneningkatkan prestasi belajar siswa. Hasil analisis korelasi rnenunjukkan bahwa nilai r = 0,410 > ft pada taraf signifikan 5% = 0,284, yang berarti korelasi adalah signifikan. Artinya sernakin 5. Faktor penunjang dan penghambat pelaksanaan birnbingan konseling dalam upaya meningkatkan prestassi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Abdul Rozak, M.Pd
Uncontrolled Keywords: prestasi belajar; bimbingan dan konseling; guru; belajar siswa
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 01 Nov 2022 13:55
Last Modified: 01 Nov 2022 13:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54697

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum