PENGEMBANGAN METODE PEMBELAJARAN TEACHER-STUDENT DEMONSTRATION SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA

ROIS MUNGALIM - NIM. 05460006 (2011) PENGEMBANGAN METODE PEMBELAJARAN TEACHER-STUDENT DEMONSTRATION SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN METODE PEMBELAJARAN TEACHER-STUDENT DEMONSTRATION SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN METODE PEMBELAJARAN TEACHER-STUDENT DEMONSTRATION SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini merupakan development research model 4D, yang meliputu proses define, design, develop dan disseminate dengan subyek penelitian siswa kelas VIII SMPN 1 Pejagoan sebanyak 39 orang yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan, dirancang pada tahap design dengan mempertimbangkan perkiraan kebutuhan pada tahap define. perangkat pembelajaran kemudian diujicobakan dengan metode pembelajaran Teacher-Student Demeonstration pada tahap develop. Pengembangan p[erangkat pembelajaran menggunakan metode ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan pemahaman konsep siswa. Data aktivitas belajar siswa diperoleh dari data hasil observasi aktivitas belajar, sedangkan data pemahaman konsep diperoleh dengan soal pretest dan posttest. Hasil penelitian yang berupa data aktivitas belajar siswa kemudian dianalisis secara deskriptif dengan teknik persentase keberhasilan dan data prestasi belajar siswa dengan perbandingan nilai posttest uji coba I dengan posttest uji coba II dan posttest ujicoba III. Berdasarka hasil penelitian yang telah dicapai, maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan perangkat pembelajaran berupa RPP,LKS dan Lembar Evaluasi dengan metode Teacher-Student Demonstration pada pokok bahasan pemantulan cahaya dapat meningkatkan aktivitas belajar dan pemahaman konsep siswa kelas VIII C SMP N I Pejagoan. Selama penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar dan pemahaman konsep tahap uji coba I-III. Pada uji coba I aktivitas belajar siswa sebesar 64,89%, uji coba II sebesar 71,62%, dan uji coba III sebesar 80,03%. Pemahaman konsep dapat dilihar dari adanya peningkatan hasil posttest dari uji coba I-III. Nilai posttest uji coba I adalah 6.64, uji coba II adalah 70,03, dan uji coba III adalah 7,72. Hasil angket yang diberikan di akhir uji coba III menampakkan tanggapan positif yaitu 81,74%. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Murtono , M.Si
Uncontrolled Keywords: aktivitas, pemahaman konsep, demonstration, cahaya
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 22 Mar 2024 13:40
Last Modified: 22 Mar 2024 13:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5485

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum