MAKNA SIMBOL SPIRITUAL DALAM SENI PERTUNJUKAN MEMELUK BADAI KARYA TEATER ESKA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

Feby Ricky Ferdiansyah, NIM.: 16520048 (2022) MAKNA SIMBOL SPIRITUAL DALAM SENI PERTUNJUKAN MEMELUK BADAI KARYA TEATER ESKA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MAKNA SIMBOL SPIRITUAL DALAM SENI PERTUNJUKAN MEMELUK BADAI KARYA TEATER ESKA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
16520048_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MAKNA SIMBOL SPIRITUAL DALAM SENI PERTUNJUKAN MEMELUK BADAI KARYA TEATER ESKA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
16520048_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Seni pertunjukan Memeluk Badai yang mengangkat gagasan tentang perjalanan manusia menuju Tuhannya dengan nafsu manusia yaitu Amarah, Lawwamah, dan Muthmainah sebagai proses dan laku spiritual untuk mencapai manusia yang Insan Kamil. Yang dimaknai sebagai spirit transformasi berbasis pada kesadaran diri. Seni pertunjukan Memeluk Badai merupakan sebuah seni pertunjukan yang dipentaskan oleh teater ESKA yang kental akan nilai-nilai religius. Maka dari itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa makna simbol spiritual dan seni Islam dalam seni pertunjukan Memeluk Badai. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif berbasis lapangan (field research), dan menggunakan sumber data berupa hasil wawancara dokumentasi, serta tinjauan literatur. Penelitian ini mengolah data dengan metode deskriptif dan analisis. Serta menggunakan teori Sayyed Hossein Nasr tentang spiritualitas dan seni Islam. Seni Islam adalah buah dari spiritualitas Islam dilihat dari sudut pandang asal kejadiannya dan sebagai sebuah bantuan, yang memperlengkapi dan membantu kehidupan spiritual dari titik realitas yang menguntungkan atau kembali kesumber. Dan spiritualitas berkaitan dengan kata ruh yang berarti spirit atau makna. Spritualitas menunjuk pada hal-hal batin atau dimensi interioritas Islam dimana sumber spiritualitas Islam ada dua, yakni wahyu Ilahi atau realitas haqai’q dan barakah Muhammadiyah. Hasil penelitian ini menunjukan: pertama seperti yang dikatakan Nasr sumber dan tujuan terciptanya seni pertunjukan Memeluk Badai berfungsi untuk mengalirkan realitas batin Islam menjadi spiritual yang bersifat transenden. Hal itu tercermin dari proses manusia yang mengendalikan nafsunya. Kedua simbol spiritual dalam seni pertunjukan Memeluk Badai divisualkan melalui tata ruang panggung, gerakan atau tarian, dan dialog. Menempuh jalan sufisme yang dilalui melahirkan semangat pembebasan (liberasi) dan transformasi dari berbagai belenggu, hegemoni, dominasi dan tipu daya duniawi sabagai manifestasi dari perilaku insan kamil. Simbol artistik seni pertunjukan ini menggambarkan keterkaitan antara manusia, alam, dan Tuhan (hablumminallah, hablumminannas, dan hablumminalalam) sebagai pancaran realitas Ilahi. Setelah manusia mampu melakukan perjalanan (suluk), manusia sebagai wujud sentral di alam semesta yang dia pahami secara sempurna, maka dia pun mampu melampaui eksistensinya dan pada akhirnya mencapai derajat manusia insan kamil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Dian Nur Anna, S.Ag., M.A.
Uncontrolled Keywords: Memeluk Badai, Insan Kamil, Spiritualitas, dan Seni Islam.
Subjects: Studi Agama Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Studi Agama Agama (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 11 Nov 2022 09:21
Last Modified: 11 Nov 2022 09:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54887

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum