INFORMASI UIN SUNAN KALIJAGA SEBAGAI PILIHAN DALAM MELANJUTKAN STUDI (Studi Kasus Pelajar MAN Yogyakarta II)

Latifa, NIM.: 97212191 (2005) INFORMASI UIN SUNAN KALIJAGA SEBAGAI PILIHAN DALAM MELANJUTKAN STUDI (Studi Kasus Pelajar MAN Yogyakarta II). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NFORMASI UIN SUNAN KALIJAGA SEBAGAI PILIHAN DALAM MELANJUTKAN STUDI (Studi Kasus Pelajar MAN Vogyakarta II))
97212191_Bab I_Bab IV_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (NFORMASI UIN SUNAN KALIJAGA SEBAGAI PILIHAN DALAM MELANJUTKAN STUDI (Studi Kasus Pelajar MAN Vogyakarta II))
97212191_Bab II_Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Keberhasilan peningkatan keimanan dan ketakwaan akan sangat tergantung pada manusia itu sendiri. Peran para pelaku pembangunan sektor agama ini sangat sentral, karena disamping sebagai subyek mereka juga menjadi obyek. Tingkat kualitas pembangunan sektor agama ditentukan oleh pelakunya yakni bagaimana mereka itu mewujudkan ketakwaan mereka dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Disisi lain, derasnya arus informasi global dengan berbagai macam fasilitas, dapat memudahkan masyarakat untuk bisa mengakses suatu informasi dengan cepat. Sehingga usaha pemerintah khususnya Departemen Agama untuk meningkatkan kecerdasan bangsa dengan menghasilkan tenaga ahli ilmu agama melalui IAIN Sunan Kalijaga dapat diterima masyarakat dengan mudah. penelitian dengan dua macam data yaitu kuantitatif dan kualitatif. Untuk data yang bersifat kualitatif penulis menggunakan analisa deskriptif yaitu analisa dengan menggunakan kelompok yang diteliti dan hanya berlaku untuk kelompok itu sendiri. untuk data yang bersifat kuntitatif, penulis menggunakan metode statistik deskriptif yaitu dengan menyajikan angka-angka prosentase dengan menggunakan rumus. Hasil penelitian ini adalah: 1. Informasi yang dimiliki pelajar MAN Y ogyakarta II tentang IAIN berasal dari berbagai media. Informasi yang dipero1eh dari media cetak ada 30,80 % dan dari media elektronik ada 22,78 %. Sedangkan informasi yang diperoleh dari orang tua 34, 18 %, dari saudara 39,24 %, dari guru 58,65 % dan dari teman 70,89 %. Ini berarti sekolah merupakan media yang cukup efektif untuk menginformasikan tentang IAIN Sunan Kalijaga kepada para pelajar. Karena dari pertemuan dengan para guru dan teman inilah para pelajar mendapatkan informasi, khususnya tentang IAIN Sunan Kalijaga. 2. Persepsi pelajar MAN tentang keilmuan dan lulusan IAIN Sunan Kalijaga banyak dipengaruhi oleh penerimaan informasi dan latar belakang pendidikan. Persepsi yang positif banyak dipengaruhi oleh latar belakang responden yang berasal dari MIS dan sering menerima informasi tentang IAIN. Se:dangkan persepsi yang bersifat negative atau tidak tau dikarenakan latar belakang pendidikan responden yang berasal dari SMP dan kurang mendapatkan informasi tentang IAIN. 3. Dari keseluruhan jumlah responden, diketahui bahwa siswa yang ingin melanjutkan studi setelah lulus dari MAN ada 73,84 %. Dari jumlah tersebut 26,86 % memutuskan ingin mendaftar ke IAIN Sunan Kalijaga dan selebihnya 73, 14 % tidak ingin mendaftar ke IAIN Sunan Kalijaga dengan beberapa alasan. Ada tiga alasan mengapa pelajar MAN Y ogyakarta II tidak memilih IAIN untuk melanjutkan studi yaitu tidak ada jurusan yang diinginkan, IAIN Sunan Kalijaga kurang terkenal, lulusan IAIN banyak yang jadi pengangguran, takut tidak mampu mengikuti mata kuliah Bahasa Arab dan tidak tahu. Disisi lain, pelajar MAN yang memilih untuk melanjutkan studi di IAIN mempunyai alasan yaitu ingin mendalami Ilmu Agama, karena dekat dan sebagai cadangan bi1a tidak diterima di Perguruan Tinggi lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H.A Rifa'i M.Phil
Uncontrolled Keywords: media informasi; persepsi; creative thingking; berpikir kraetif
Subjects: Informasi
Komunikasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 09 Nov 2022 09:26
Last Modified: 09 Nov 2022 09:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54907

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum