EFEKTIVITAS SUHU TERHADAP DAYA TETAS TELUR, PERTUMBUHAN DAN KELULUSHIDUPAN BENIH GURAMI (Osphronemus gouramy, Lacepede 1801) DI UPTD-BIAT KUTASARI PURBALINGGA

Rohmat, NIM.: 07640022 (2012) EFEKTIVITAS SUHU TERHADAP DAYA TETAS TELUR, PERTUMBUHAN DAN KELULUSHIDUPAN BENIH GURAMI (Osphronemus gouramy, Lacepede 1801) DI UPTD-BIAT KUTASARI PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS SUHU TERHADAP DAYA TETAS TELUR, PERTUMBUHAN DAN KELULUSHIDUPAN BENIH GURAMI (Osphronemus gouramy, Lacepede 1801) DI UPTD-BIAT KUTASARI PURBALINGGA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS SUHU TERHADAP DAYA TETAS TELUR, PERTUMBUHAN DAN KELULUSHIDUPAN BENIH GURAMI (Osphronemus gouramy, Lacepede 1801) DI UPTD-BIAT KUTASARI PURBALINGGA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Gurami (Osphronemus gouramy, Lac) tergolong ikan yang peka terhadap suhu rendah sehingga tidak akan produktif jika suhu tempat hidupnya lebih rendah dari kisaran suhu optimal. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2011 sampai Februari 2012. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perbedaan suhu terhadap daya tetas telur, pertumbuhan dan kelulushidupan gurami serta untuk mengetahui suhu yang optimum untuk daya tetas telur, pertumbuhan dan kelulushidupan gurami. Penelitian menggunakan metode Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan tiga kali ulangan. Perlakuan yang digunakan adalah suhu 26, 28, 30, dan 32 oC. Data hasil penelitian dianalisis dengan ANOVA one way dilanjutkan dengan DMRT dengan tingkat kepercayaan 95%. Hasil penelitian menunjukan bahwa perlakuan suhu 28 oC merupakan suhu optimum untuk daya tetas telur (95,33%), pertambahan panjang mutlak (3,63 cm), laju pertumbuhan panjang spesifik (3,40%), pertumbuhan berat mutlak (1,54 g), dan kelulushidupan (68,88%). Sedangkan laju pertumbuhan berat spesifik tertinggi (3,87%) dicapai pada suhu 26 oC. Pengukuran kualitas air yang menjadi parameter penunjang yaitu DO berkisar antara 6,89-7,16 mg/l, pH berkisar antara 8,17-8,26, kisaran kualitas air ini cocok untuk daya tetas telur, pertumbuhan dan kelulushidupan benih gurami (Osphronemus gouramy, Lac). Dari data penelitian dapat disimpulkan bahwa perlakuan suhu yang berbeda tidak berpengaruh nyata terhadap daya tetas telur dan laju pertumbuhan berat spesifik benih gurami. Perlakuan suhu berbeda memberikan pengaruh nyata terhadap pertambahan panjang mutlak, laju pertumbuhan panjang spesifik, pertambahan berat mutlak, serta kelulushidupan benih gurami.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Muh. Ja’far Lutfi, Ph.D dan Najda Rifqiyati, S.Si, M.Si
Uncontrolled Keywords: Daya Tetas Telur, Gurami (Osphronemus Gouramy, Lac), Kelulushidupan , Pertumbuhan, Suhu
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 10 Nov 2022 11:49
Last Modified: 10 Nov 2022 11:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54972

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum