NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM FILM KARTUN “UPIN IPIN” DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Teguh Purnomo, NIM.: 08410131 (2011) NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM FILM KARTUN “UPIN IPIN” DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM FILM KARTUN “UPIN IPIN” DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM FILM KARTUN “UPIN IPIN” DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah merosotnya akhlak terhadap semua kalangan khususnya kalangan yang berpendidikan, salah satu contohnya yaitu banyak terjadi tawuran di kalangan orang yang berpendidikan. Film Upin Ipin ini adalah Film yang kaya akan nilai-nilai pendidikan akhlak yang bisa menjawab salah satu permasalahannya. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis pesan-pesan agama yang ada dalam sebuah film kartun Upin Ipin yakni tentang nilai-nilai pendidikan akhlak dan relevansinya dengan Pendidikan Agama Islam. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan dan keilmuwan dalam Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (libary research) pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan semiotika. Sedangkan dalam pengumpulan data menggunakan metode analisis isi (content analisys). Dalam hal ini peneliti akan mengungkapkan tentang isi atau nilai-nilai pendidikan akhlak yang ada dalam film kartun Upin Ipin kemudian menafsirkan relevansinya dengan Pendidikan Agama Islam. Hasil penelitian ini menunjukan : 1) ada pesan pendidikan akhlak dalam film Upin Ipin yaitu yang pertama akhlak kepada Allah (beribadah kepada Allah, berdoa, bersyukur kepada Allah), akhlak kepada diri sendiri, meliputi (sabar, istiqomah, malu berbuat dosa, menuntut ilmu, jujur, rendah hati dan menghindari dari sikap marah), akhlak kepada keluarga, meliputi (Birrul Walidain, memelihara kekerabatan), akhlak kepada sesama, meliputi (memberi salam, tolong-menolong, saling memaafkan, menepati janji, menghormati tamu, memakmurkan masjid, menjalin persahabatan). 2) Terdapat relevansi antara nilai-nilai pendidikan akhlak dalam film kartun Upin dan Ipin dengan akhlak Islam, yaitu sama-sama mengajak untuk berbuat kebaikan dan menghindari sifat-sifat buruk sesuai dengan norma-norma yang ditetapkan baik kepada Allah, diri sendiri, keluarga, maupun terhadap sesama manusia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Munawar Khalil, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Pendidikan, Media Pembelajaran, Pendidikan Akhlak
Subjects: Akhlak - Etika
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 28 Nov 2022 13:51
Last Modified: 28 Nov 2022 13:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55225

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum