PENERAPAN MEDIA KOMIK DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATERI TARIKH ISLAM KELAS IV SD MUHAMMADIYAH BLEBER PRAMBANAN

Yuli Lestari, NIM.: 08410169 (2012) PENERAPAN MEDIA KOMIK DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATERI TARIKH ISLAM KELAS IV SD MUHAMMADIYAH BLEBER PRAMBANAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN MEDIA KOMIK DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATERI TARIKH ISLAM KELAS IV SD MUHAMMADIYAH BLEBER PRAMBANAN)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN MEDIA KOMIK DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATERI TARIKH ISLAM KELAS IV SD MUHAMMADIYAH BLEBER PRAMBANAN)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang penelitian ini adalah adanya kesulitan guru dalam meningkatkan minat belajar materi Tarikh Islam siswa kelasa IV SD Muhammadiyah Bleber karena keterbatasan media sehingga pembelajaran berlangsung kurang efektif membuat minat siswa kurang, bosan, dan tidak semangat. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah bagaimana minat belajar siswa kelas IV SD Muhammadiyah Bleber Prambanan pada materi Tarikh Islam sebelum penerapan media komik, ketika penerapan media komik, dan setelah menerapkan media komik dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis secara rinci tentang minat belajar siswa kelas IV SD Muhammadiyah Bleber Prambanan pada pembelajaran materi Tarikh Islam sebelum, ketika, dan setelah menerapkan media komik. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas (PTK), dengan mengambil latar SD Muhammadiyah Bleber Prambanan. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan, wawancara, dokumentasi, catatan lapangan, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan : Berdasarkan Penelitian Tindakan Kelas yang telah dilakukan oleh peneliti dengan menerapkan media komik, minat belajar materi Tarikh Islam kelas IV SD Muhammmadiyah Bleber mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan dari setiap aspek yaitu: Aspek perasaan senang siswa terhadap pembelajaran mengalami peningkatan skor pada siklus I 91,25, siklus II 95,2, dan siklus III 96,4. Aspek ketertarikan siswa dalam mengikuti pembelajaran mengalami peningkatan dengan skor pada siklus I 86,4, siklus II 91,6, dan siklus III mengalami peningkatan menjadi 92,8. Aspek perhatian dan antusias siswa dalam pembelajaran mengalami peningkatan dengan skor pada siklus I 79,6, siklus II 83, dan siklus III mengalami peningkatan menjadi 91,4. Aspek keterlibatan siswa terhadap mata pelajaran mengalami peningkatan dengan skor pada siklus I 84.4, siklus II 87.2, dan siklus III mengalami peningkatan menjadi 93.8.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Rofik M.Ag
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Minat Belajar, Materi Tarikh Islam
Subjects: ISLAM DAN PENDIDIKAN
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 28 Nov 2022 15:01
Last Modified: 28 Nov 2022 15:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55228

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum