PENERAPAN PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS VI SD NEGERI 2 PRAPAGLOR

Bandiyah, NIM.: 09411125 (2011) PENERAPAN PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS VI SD NEGERI 2 PRAPAGLOR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS VI SD NEGERI 2 PRAPAGLOR)
BBRT44~A.PDF - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS VI SD NEGERI 2 PRAPAGLOR)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa pada kenyataannya praktek-praktek mengajar yang dilakukan di SD Negeri 2 Prapaglor, Pituruh, Purworejo, Jawa Tengah pada umumnya masih berpusat pada guru atau berkonotasi theacher centered ( berpusat pada guru). Metodologi pembelajaran (khususnya agama Islam ) yang diterapkan masih mempertahankan cara-cara lama (tradisional) seperti ceramah, menghafal, demonstrasi, praktik-praktik ibadah dan sebagainya. Cara seperti itu diakui atau tidak membuat siswa tampak bosan, jenuh, dan kurang bersemangat dalam belajar agama. Jika secara psikologis siswa kurang tertarik dengan metode yang digunakan oleh guru, maka dengan sendirinya siswa akan memberikan umpan balik (feedback) Psikologis yang kurang mendukung dalam proses belajar mengajar. Indikasinya adalah timbul rasa tidak simpatinya peserta didik terhadap guru agama, tidak tertarik dengan materi-materi agama, dan lama kelamaan akan timbul sikap acuh tak acuh terhadap agamnya sendiri. Kalau kondisinya sudah seperti itu, sangat sulit mengharapkan siswa sadar dan mau mengamalkan ajaran-ajaran agama. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan mengambil latar SD Negeri 2 Prapaglor, Pituruh, Purworejo, Jawa Tengah. Pengumpuln data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi untuk melengkapi data yang ingin diungkap. Untuk memeriksa keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik trianggulasi sumber. Adapun urutan kegiatan penelitin meliputi: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan: Pembelajaran active learning tipe jigsaw efektif digunakan pada pembelajaran Agama Islam khususnya di kelas VI SD Negeri 2 Prapaglor, hal tersebut terbukti dari adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar peserta didik, terlihat pada rasa senang, antusiasme, rasa ingin tau dan skor hasil tes akhir. Adapun peningkatan tes hasil belajar dari tahap pra siklus 74,60, pada siklus I menjadi 84,34, dan pada siklus II meningkat menjadi 85,39. Jadi, pada aspek keaktivan dan hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan pada setiap siklusnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Sukiman, S. Ag, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Agama Islam, Metode Jigsaw, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 30 Nov 2022 13:52
Last Modified: 30 Nov 2022 14:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55312

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum