PENGGUNAAN METODE SOROGAN DALAM PEMBELAJARAN ILMU FIKIH DI PONDOK PESANTREN SIROJUTH THOLIBIN GROBOGAN

Fathurohman, NIM.: 07410268 (2012) PENGGUNAAN METODE SOROGAN DALAM PEMBELAJARAN ILMU FIKIH DI PONDOK PESANTREN SIROJUTH THOLIBIN GROBOGAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGGUNAAN METODE SOROGAN DALAM PEMBELAJARAN ILMU FIKIH DI PONDOK PESANTREN SIROJUTH THOLIBIN GROBOGAN)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGGUNAAN METODE SOROGAN DALAM PEMBELAJARAN ILMU FIKIH DI PONDOK PESANTREN SIROJUTH THOLIBIN GROBOGAN)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah pendidikan yang berada di tengahtengah maraknya berbagai metode pembelajaran yang digunakan di berbagai instansi pendidikan menawarkan banyak sekali keunggulan, namun meski banyak sekali metode-metode baru ternyata masih saja ada lembaga yang mempertahankan metodemetode pembelajaran tradisional. Salah satu diantaranya adalah sorogan. Pada dasarnya semua metode pembelajran sama, namun penggunaannya tidak bisa disamakan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang penerapan pembelajaran dengan menggunakan metode sorogan di Pondok Pesantren Sirojuth Tholibin Grobogan. Bagaimana penggunaan metode sorogan, dan alasan penggunaan metode pembelajaran sorogan masih dipertahankan sampai saat ini. Penelitian ini merupakan penlitian kualitatif, dengan mengambil latar di Pondok Pesantren Sirojuth Tholibin Grobogan. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara, dokumentasi, dan angket. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik sebuah kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi dengan dua modus, membandingkan data hasil pengamatan dengan data hasil wawancara, dan membandingkan hasil wawancara dengan isi suatu dokumen yang berkaitan. Hasil penelitian menunjukan : 1) Pembelajaran dengan menggunakan metode sorogan dilakukan dengan cara santri maju satu persatu di hadapan ustadz atau guru dan membaca kitab yang telah mereka bawa sebelumnya, dan ustadz atau guru akan membenarkan jika didapati kesalahan pada santri dalam membaca atau menjelaskan materi yang telah mereka kaji. (2) Kelebihan dari penggunaan metode sorogan adalah peserta didik lebih mudah diarahkan sehingga dapat diketahui kemampuan setiap peserta didiknya, adanya interaksi yang positif dan sebagai sarana melestarikan budaya belajar dari orang-orang terdahulu sedangkan kekurangan dari penggunaan metode sorogan adalah membutuhkan waktu yang sangat panjang yang menyebabkan terbatasnya materi yang disampaikan, dan adanya beban bagi santri yang kurang menguasai Nahwu dan Shorof (3) Metode sorogan tetap digunakan di Pondok Pesantren Sirojuth Tholibin Grobogan sampai sekarang karena dalam penggunaan metode ini santri dituntut tepat dan benar bacaannya sesuai dengan kaidah bahasa arab (nahwu dan sorof) yang berlaku, pembaca juga dituntut untuk menangkap pesan dari apa yang mereka baca serta mampu menjelaskannya kembali dengan bahasa yang singkat, padat, dan jelas, selain itu dari penggunaan metode tersebut santri mendapatkan banyak manfaat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Radino, M.Ag,
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Metode Sorogan, Materi Ilmu Fikih
Subjects: Hukum Islam > Fiqih
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 01 Dec 2022 11:26
Last Modified: 01 Dec 2022 11:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55350

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum