PENERAPAN TEORI KONSTRUKTIVISTIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI SEKOLAH DASAR

Lathifah Abdiyah, - and Subiyantoro, - (2021) PENERAPAN TEORI KONSTRUKTIVISTIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI SEKOLAH DASAR. ELSE (Elementary School Education Journal), 5 (2). pp. 127-136. ISSN P-ISSN: 2581-1800 E-ISSN: 2597-4122

[img]
Preview
Text (PENERAPAN TEORI KONSTRUKTIVISTIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI SEKOLAH DASAR)
PENERAPAN TEORI KONSTRUKTIVISTIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI SEKOLAH DASAR.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Surat Pernyataan)
surat-surat-pernyataan1670467617.pdf - Published Version

Download (18kB) | Preview

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan teori kontruktivistik dalam pembelajaran tematik di MI Muhammadiyah 03 Takerharjo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Teori belajar kontruktivistik merupakan teori yang sesuai untuk diterapkan dalam pembelajaran, karena teori ini membutuhkan partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajarannya. Jadi proses pembelajaran yang dilaksanakan akan lebih hidup dan tentunya lebih bermakna. Partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran sebagai penerapan teori konstruktivistik tersebut dapat dilaksanakan dalam pembelajaran secara tematik, dimana pembelajaran tematik sendiri merupakan salah satu model pembelajaran terpadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna bagi peserta didik. Pembelajaran tematik menekankan pada keterlibatan peserta didik secara aktif dalam proses pembelajaran, sehingga peserta didik dapat memperoleh pengalaman langsung dan terlatih untuk dapat menemukan sendiri berbagai pengetahuan yang dipelajarinya. 2) Dalam penerapan model pembelajaran konstruktivistik, pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar merupakan salah satu sumber belajar yang amat penting dan memiliki nilai-nilai yang sangat berharga dalam rangka proses pembelajaran siswa. Lingkungan dapat memperkaya bahan dan kegiatan belajar. Lingkungan yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar terdiri dari lingkungan sosial dan lingkungan fisik (alam). 3) Pembelajaran tematik sendiri lebih menekankan pada penerapan konsep belajar sambil melakukan sesuatu (learning by doing), sesuai dengan prinsip dasar dari kontruktivisme yang harus dipegang oleh pengajar adalah bahwa siswa lebih baik belajar dengan berbuat (learning by doing) daripada belajar dengan mengamati.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Teori Konstruktivistik, Pembelajaran Tematik
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Artikel (Terbitan Luar UIN)
Depositing User: Dra. Khusnul Khotimah, SS, M.IP -
Date Deposited: 08 Dec 2022 09:53
Last Modified: 08 Dec 2022 09:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55425

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum