PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN VAK (VISUALIZATION AUDITORY KINESTHETIC) DENGAN TEKNIK KANCING GEMERINCING DALAM MENINGKATAN MOTIVASI DAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS VIII A MTS NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKAR

Muhimmatul Hikmah, NIM.: 07410253 (2011) PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN VAK (VISUALIZATION AUDITORY KINESTHETIC) DENGAN TEKNIK KANCING GEMERINCING DALAM MENINGKATAN MOTIVASI DAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS VIII A MTS NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKAR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN VAK (VISUALIZATION AUDITORY KINESTHETIC) DENGAN TEKNIK KANCING GEMERINCING DALAM MENINGKATAN MOTIVASI DAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS VIII A MTS NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKAR)
BBRT44~A.PDF - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN VAK (VISUALIZATION AUDITORY KINESTHETIC) DENGAN TEKNIK KANCING GEMERINCING DALAM MENINGKATAN MOTIVASI DAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS VIII A MTS NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKAR)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah rendahnya keaktifan dan motivasi siswa dalam pembelajaran Aqidah Akhlak kelas VIII A MTs Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta yang disebabkan rendahnya minat belajar dan rendahnya kualitas pembelajaran yang dilakukan oleh pendidik yang kenyataannya merupakan orang yang secara langsung terlibat dalam pembelajaran, guru menggunakan strategi yang konvensional sehingga menimbulkan kebosanan siswa, siswa sering ngobrol saat guru memberikan materi, dan tampak tidak semangat dalam pembelajaran. Oleh karena itu perlu diadakanya penelitian untuk memperbaiki rendahnya minat dan kualitas pembelajaran dengan menerapkan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan dan motivasi siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan pembelajaran VAK (Visualization Auditory Kinestethic) dengan teknik kancing gemerincing dalam pembelajaran Akidah Akhlak kelas VIIIA setelah strategi tersebut diterapkan. Penelitian bersifat kualitatif, dengan mengambil latar MTs Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta. pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam, dokumentasi dan angket untuk melengkapi data yang ingin diungkap. Analisis data dilakukan dengan menggunakan data statistic sederhana untuk membantu dalam mengungkap data. Adapun urutan kegiatan penelitian mencakup: (1) perencanaan, (2) Implementasi, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilakukan dua siklus, satu siklus terdiri dari dua pertemuan yang diawali dengan observasi awal pembelajaran, dan kegiatan pra tindakan.penerapan VAK dengan teknik kancing gemerincing ini lebih melibatkan siswa dalam pembelajaran, dengan mengerjakan soal kelompok maupun individu, mempresentasikan hasil diskusi, kuis, penghargaan kepada siswa yang diberikan oleh guru. (2) adanya peningkatan keaktifan dan motivasi siswa, antusiasme dan rasa senang siswa dalam mengikuti pembelajaran, kemudian timbulnya rasa ingin tahu siswa terhadap materi yang dipelajari, adanya keinginan untuk mengungkapkan pendapat, menerima pendapat, dan kemauan bertanya. Secara umum peningkatan yang terjadi cukup baik, pada aspek siswa mengalami peningkatan pada awal observasi sebesar 58,6%, kemudian Siklus I 69,6% menjadi 87,3% pada Siklus II dengan demikian aspek tersebut mengalami penengkatan sebesar 17,67%. Sedangkan untuk aspek motivasi siswa pada observasi awal 51%, kemudian Siklus I 62% dan menjadi 80% pada siklus II, sehingga peningkatan yang terjadi sebesar 18,3%

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Nur Munajat, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Akidah Akhlak, Media Pembelajaran , VAK ( Visualization Auditory Kinesthetic)
Subjects: Akhlak - Etika
Pendidikan > Media Pembelajaran
Psikologi > Motivasi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 03 Jan 2023 14:47
Last Modified: 03 Jan 2023 14:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55483

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum