UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI AKAR DAN PANGKAT MENGGUNAKAN METODE TRIK BERHITUNG DAN MENCONGAK PADA SISWA KELAS V MIN JURANGJERO GUNUNGKIDUL

Nanik Zubaidah, NIM.: 09481095 (2011) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI AKAR DAN PANGKAT MENGGUNAKAN METODE TRIK BERHITUNG DAN MENCONGAK PADA SISWA KELAS V MIN JURANGJERO GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI AKAR DAN PANGKAT MENGGUNAKAN METODE TRIK BERHITUNG DAN MENCONGAK PADA SISWA KELAS V MIN JURANGJERO GUNUNGKIDUL)
BBRT44~A.PDF - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI AKAR DAN PANGKAT MENGGUNAKAN METODE TRIK BERHITUNG DAN MENCONGAK PADA SISWA KELAS V MIN JURANGJERO GUNUNGKIDUL)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini, siswa masih kurang cepat dan tepat dalam memperoleh hasil akhir. Karena siswa cenderung berpikir yang terlalu panjang atau lama sehingga masih banyak waktu yang terbuang, sehingga banyak menguras waktau/jam pelajaran Matematika. Sehingga kompetensi pembelajaran yang dihasilkan dari pembelajaran akar dan pangkat mata pelajaran Matematika jauh dari yang diharapkan. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran akar dan pangkat mata pelajaran Matematika Siswa Kelas V MIN Jurangjero Ngawen Gunungkidul. Penelitian Tindakan Kelas ini mengambil subyek siswa Kelas V MIN Jurangjero. Fokus penelitian ini adalah upaya meningkatkan prestasi belajar Matematika materi akar dan pangkat menggunakan metode trik berhitung dan mencongak pada Kelas V MIN Jurangjero Ngawen Gunungkidul. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Data dari observasi dan wawancara akan disajikan dalam bentuk data kualitatif deskriptif dan data hasil tes melalui analisis data kuantitatif untuk mencari ratarata nilai siswa dan melihat peningkatan prestasi siswa dari hasil tes yang telah diberikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode trik berhitung dan mencongak dapat meningkatkan prestasi belajar siswa materi akar dan pangkat pada penelitian ini diperoleh hasil yang tuntas belajar mencapai 86,67% atau 13 siswa, dan siswa yang belum tuntas belajar 13,33 % atau 2 siswa. Hasil observasi menunjukkan adanya peningkatan minat siswa terhadap pelajaran Matematika terutama dalam materi akar dan pangkat menggunakan metode trik berhitung dan mencongak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Endang Sulistiyowati, M.Si
Uncontrolled Keywords: Trik Berhitung, Kompetensi Pembelajaran, Pelajaran Matematika
Subjects: Matematika
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 05 Jan 2023 09:34
Last Modified: 05 Jan 2023 09:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55496

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum