KOMPETENSI SOSIAL GURU FIKIH KELAS VIII DI MTs NEGERI MAGUWOHARJO KABUPATEN SLEMAN TAHUN AKADEMIK 2011/2012

Rochanah, NIM.: 08410094 (2012) KOMPETENSI SOSIAL GURU FIKIH KELAS VIII DI MTs NEGERI MAGUWOHARJO KABUPATEN SLEMAN TAHUN AKADEMIK 2011/2012. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KOMPETENSI SOSIAL GURU FIKIH KELAS VIII DI MTs NEGERI MAGUWOHARJO KABUPATEN SLEMAN TAHUN AKADEMIK 2011/2012)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KOMPETENSI SOSIAL GURU FIKIH KELAS VIII DI MTs NEGERI MAGUWOHARJO KABUPATEN SLEMAN TAHUN AKADEMIK 2011/2012)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah: salah satu keberhasilan dalam pendidikan adalah terjalinnya pergaulan yang efektif dan harmonis antara guru dengan masyarakat madrasah, satu diantaranya adalah dengan peserta didik. Hal ini karena di beberapa madrasah kurang menerapkan kompetensi sosial, termasuk diantaranya adalah di MTs Negeri Maguwoharjo Sleman. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang kompetensi sosial guru Fikih kelas VIII di MTs Negeri Maguwoharjo Sleman tahun akademik 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar MTs Negeri Maguwoharjo Sleman. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan melalui pola berpikir induktif. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi melalui dua modus yaitu membandingkan data hasil pengamatan dengan hasil wawancara dan membandingkan keadaan prespektif seseorang dengan berbagai pendapat dan pandangan orang lain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:1) Kompetensi sosial guru Fikih kelas VIII sudah cukup baik walaupun belum maksimal. Hubungan guru dengan sesama pendidik, tenaga kependidikan, dan kepala satuan pendidikan terjalin dengan baik, hal ini bisa dilihat dari rasa saling menghormati dan menghargai diantara sesama. Hubungannya dengan peserta didik masih perlu diperbaiki lagi, hal ini karena kurangnya keakraban dan kedekatan diantara keduanya. Dalam pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) belum fungsional, hal ini karena belum tersedianya fasilitas yang tersedia. Interaksi yang terjalin antara guru Fikih kelas VIII dengan masyarakat sekitar berjalan dengan harmonis, hal ini ditunjukkan dengan partisipasi aktif beliau dalam beberapa kegiatan di masyarakat. 2)Upaya yang dilakukan guru Fikih kelas VIII dalam meningkatkan kompentensi sosial adalah dengan menerapkan prinsip keseimbangan antara guru dan orang tua, berusaha menjadi pendidik disenangi, mendorong siswa aktif, mengikuti MGMP, seminar dan rapat rutin. 3)Faktor yang mendorong kompetensi sosial guru Fikih kelas VIII adalah adanya kesadaran penuh dari dalam diri untuk memperhatikan keberhasilan pendidikan, terlaksananya kegiatan madrasah yang menuntut kebersamaan, terjalinnya kerja sama antara guru dengan wali peserta didik. Faktor yang menghambat kompetensi sosial guru Fikih kelas VIII adalah belum tersedianya teknologi pembelajaran di setiap kelas, dalam pelaksanaan seminar masih terbatas diluar madrasah, belum ikut serta dalam seminar yang secara khusus membahas tentang kompetensi sosial, tidak lagi menjabat sebagai wali kelas, dan respon masyarakat yang kurang mendukung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Karwadi, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Sosial, Guru Fikih, Peserta Didik
Subjects: Pendidikan > Pendidikan berbasis kompetensi
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren > Kyai - Ustadz - Guru
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 13 Jan 2023 10:18
Last Modified: 13 Jan 2023 10:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55560

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum