PERAN METODE BERMAIN DALAM MENUMBUHKAN RASA KEBERAGAMAAN PESERTA DIDIK DI TK ABA MEDURA BOJONG MUNGKID MAGELANG TAHUN AJARAN 2011/2012

Zulaikah, NIM.: 09411037 (2011) PERAN METODE BERMAIN DALAM MENUMBUHKAN RASA KEBERAGAMAAN PESERTA DIDIK DI TK ABA MEDURA BOJONG MUNGKID MAGELANG TAHUN AJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN METODE BERMAIN DALAM MENUMBUHKAN RASA KEBERAGAMAAN PESERTA DIDIK DI TK ABA MEDURA BOJONG MUNGKID MAGELANG TAHUN AJARAN 2011/2012)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERAN METODE BERMAIN DALAM MENUMBUHKAN RASA KEBERAGAMAAN PESERTA DIDIK DI TK ABA MEDURA BOJONG MUNGKID MAGELANG TAHUN AJARAN 2011/2012)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah pembelajaran disekolah tidak berlanjut di rumah oleh karena itu perlu adanya suatu metode yang dapat menumbuhkan rasa keberagamaan peserta didik,yaitu melalui metode bermain, dengan metode ini diharapkan peserta didik akan mampu memahami nilai –nilai keagamaanya sehingga akan terbawa dikehidupanya. Maka dari itu perlu adanya Penelitian Tindakan Kelas ini untuk mengetahuim apakah dengan metode bermain ini dapat meningkatkan rasa keberagamaan peserta didik. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk mendiskripsikan peran metode bermain dalam menumbuhkan rasa keberagamaan peserta didik setelah srategi ini diterapkan. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan mengambil latar belakang TK ABA Medura Bojong. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan,wawancara mendala,dokumentasi untuk melengkapi data yang ingin diungkap. Dalam penelitian ini menggunakan data statistik sederhana untuk membantu dalam mengungkap data. Sedangkan untuk memeriksa keabsahan data dilakukan dengan menggunakan tehnik trianggulasi sumber.Adapun urutan kegiatan penelitian mencakup : (1) perencanaan,(2) pelaksanaan,(3) observasi dan (4) refleksi. Dari hasil penelitian menunjukkan : Peran Bermain dalam menumbuhkan rasa keberagamaan peserta didik di TK ABA Medura Bojong Mungkid Magelang.hal tersebut terbukti pada antusias dalam mengikuti kegiatan,keterarikan serta rasa ingin tahu, bekerja sama dalam kelompok,mendengarkan pendapat orang lain,antusias dalam mengerjakan tugas,perhatian,kemauan,bertanya,dan mengemukaan pendapat,Pada aspek antusias pada siklus I sebesar 47 % kemudian pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 4,5 % yang mengalami peningkatan yang tinggi yaitu didapati sekitar 92 % rasa keberagamaan sudah tertanam pada diri peserta didik. Dengan demikian pada aspek antusias dan keaktifan mengalami peningkatan pada setiap siklusnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. M. Jamroh Latief, M. Si.
Uncontrolled Keywords: Metode Bermain, Toleransi, Proses Pembelajaran
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Toleransi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 13 Jan 2023 14:10
Last Modified: 13 Jan 2023 14:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55571

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum