MANAJEMEN REDAKSI PADA SURAT KABAR HARIAN BERNAS JOGJA

Moh.Yahya, NIM.: 05210051 (2011) MANAJEMEN REDAKSI PADA SURAT KABAR HARIAN BERNAS JOGJA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN REDAKSI PADA SURAT KABAR HARIAN BERNAS JOGJA)
BAB I, BAB V, DP.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN REDAKSI PADA SURAT KABAR HARIAN BERNAS JOGJA)
BAB II, BAB III, BAB IV·.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Media komunikasi massa saat ini merupakan kebutuhan yang sifatnya mulai bergeser menjadi sebuah kebutuhan yang primer, manusia modern saat ini menjadikan koran, internet, radio dan televisi sebagai sebuah media yang selalu mengisi ruang dan waktu. Pada era reformasi yang ditandai dengan maraknya media massa sebagai sarana komunikasi massa dan alat pembentuk opini publik, sangat membantu untuk saling bertukar fikiran berbagai pengalaman dan informasi dalam volume yang relative besar, dengan adanya komunikasi media massa hati manusia akan lebih terbuka untuk mengetahui berbagai peristiwa yang terjadi di belahan dunia, baik melalui media massa, cetak maupun media massa elektronik. Pertama yang dikenal manusia sebagai media yang memiliki ciri-ciri komunikasi massa, yaitu proses komunikasi satu arah, komunikatornya melembaga serta pesannya bersifat umum. Media massa cetak berbentuk surat kabar Tabloid, Majalah, dan bulletin, selain memiliki ciri-ciri komunikasi massa sebagai ciri umum juga memiliki ciri-ciri khusus yaitu Daya tampung tinggi, memiliki peluang untuk menambah halaman, daya dokumentasinya tinggi, mudah disimpan atau diperbanyak. Dalam penelitian ini mencoba untuk melihat dan mendeskripsikan manajemen Redaksi yang dilakukan Surat Kabar Harian Bernas Jogja Periode 2011 sebagai media massa cetak yang mampu memberikan atau menyajikan informasi dalam bentuk berita yang menjadi kebutuhan khalayak pembaca. Oleh karena itu obyek penelitian ini akan mengambil tempat disalah satu media cetak yaitu Surat Kabar Harian Bernas Jogja. Berdasarkan deskriptif latar belakang masalah tersebut di atas dapat penulis rumuskan permasalahannya yaitu:”Bagaimana fungsi manajemen redaksi pada surat kabar harian Bernas Jogja periode 2011 di Yogyakarta”. Agar selalu mendapat sambutan hangat dari khalayak pembaca, Sedangkan metode yang di gunakan adalah metode yang berjenis deskriptif kualitatif, subyek penelitian Harian Bernas Jogja yaitu menggunakan metode pengumpulan data. Metode yang dipakai penulis untuk memperoleh data, informasi dan sumbernya, adapun metode yang dipakai dalam penelitian ini: interview, studi dokumentasi, observasi, dan metode analisis data (proses penyederhanaan data kedalam bentuk yang lebih mudah dibaca) dan diinterpretasikan dengan jalan data dikumpulkan dan diklarifikasikan. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan fungsi manajemen redaksi menurut Goerge R. Tarry dan L.W. Rue pada SKH Bernas Jogja sudah tersusun/ terlaksana dengan baik tetapi masih perlu dioptimalkan/ dimaksimalkan lagi. Hal ini terlihat pada beberapa tahapan fungsi manajemen redaksi, yaitu: 1) Tahapan perencanaan yang ada, yaitu dilaksanakan setiap hari serta didukung dengan rapat harian dan bulanan. Proses perencanaan ini terlihat dari bagaimana Redaksi Pelaksana sebagai penanggung-jawab pada semua proses produksi berita membuat rencana untuk setiap penerbitan. Proses tersebut dimulai dari penentuan tema yang akan dimuat sampai dengan bagaimana pendistribusian SKH Pagi Bernas Jogja. 2) Tahap pengorganisasian, manajemen redaksi SKH Bernas Jogja membagi dalam beberapa devisi/ Jajaran direksi beserta tugas masing-masing bagian. 3) Tahap pelaksanaan/ penggerakan disini dilakukan oleh dewan redaksi dan redaksi pelaksana kepada para karyawannya untuk melaksanakan tugasnya dengan penuh tanggung jawab. 4) Tahap pengawasan, terhadap para wartawan dan staf redaksi dilakukan dalam bentuk pertemuan-pertemuan, berupa rapat harian dan rapat bulanan sebagai langkah evaluasi serta laporan pertanggung jawaban. Bentuk pengawasan yang dilakukan oleh pimpinan umum ataupun pimpinan redaksi kepada karyawan dirasakan sudah baik, seperti memberikan teguran/peringatan kepada karyawan yang kurang disiplin dalam melaksanakan tugas. Kemudian mengambil tindakan tegas ketika tiga kali peringatannya tanpa diindahkan, dengan cara penurunan jabatan sampai dikeluarkan. Selain itu sudah adanya bentuk evaluasi terhadap hasil cetakan apakah sudah memenuhi keinginan pembaca atau belum, yang nantinya pihak SKH Bernas Jogja bisa menyajikan berita yang sesuai dengan keinginan pasar. Tetapi dalam evaluasi ini sepengetahuan peneliti belum begitu maksimal dilakukan, dalam artian masih perlu ditingkatkan lagi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Hamdan Daulay, M.Si, M.A.
Uncontrolled Keywords: Surat Kabar, Media Massa, Berns Jogja
Subjects: Penyiaran Islam
Media massa
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 19 Jan 2023 14:12
Last Modified: 19 Jan 2023 14:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55605

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum