PEMBINGKAIAN BERITA KASUS PENENDANGAN SESAJEN DI LUMAJANG JAWA TIMUR PADA MEDIA ONLINE KOMPAS.COM DAN ERAMUSLIM.COM

Irfan, NIM.: 17102010008 (2022) PEMBINGKAIAN BERITA KASUS PENENDANGAN SESAJEN DI LUMAJANG JAWA TIMUR PADA MEDIA ONLINE KOMPAS.COM DAN ERAMUSLIM.COM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBINGKAIAN BERITA KASUS PENENDANGAN SESAJEN DI LUMAJANG JAWA TIMUR PADA MEDIA ONLINE KOMPAS.COM DAN ERAMUSLIM.COM)
17102010008_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PEMBINGKAIAN BERITA KASUS PENENDANGAN SESAJEN DI LUMAJANG JAWA TIMUR PADA MEDIA ONLINE KOMPAS.COM DAN ERAMUSLIM.COM)
17102010008_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kasus penendangan sesajen yang dilakukan seorang pria di kawasan erupsi Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur pada Januari 2022 lalu, menimbulkan reaksi yang beragam. Beberapa kelompok ada yang menganggap kasus tersebut sebagai bentuk penistaan agama yang dapat memicu perpecahan antar umat beragama di Indonesia. Kelompok lain ada pula yang mendukung dengan alasan sesajen tidak sesuai dengan ajaran Islam sehingga dianggap dapat mendatangkan kemudaratan. Media pun memandang hal yang berbeda terhadap kasus ini. Media tidak hanya menyampaikan suatu peristiwa namun ikut memproduksinya. Begitu halnya dengan isu penendangan sesajen yang menimbulkan beragam pendapat sehingga menarik perhatian media untuk memberitakan hal tersebut. Penelitian ini ingin melihat bagaimana bingkai yang dibuat oleh Kompas.com dan Eramuslim.com dalam mengkonstruksi pemberitaan kasus penendangan sesajen agar dapat menemukan perbedaan bingkai diantara keduanya. Penelitian ini menggunakan metode analisis framing yaitu pendekatan analisis wacana khususnya analisis teks media untuk mengetahui bingkai suatu berita. Teori yang dipakai adalah teori Konstruksi Realitas dari Peter L. Berger dan Thomas Luckmann untuk mengetahui konstruksi realitas yang dibentuk media terhadap berita yang disajikan. Model analisis menggunakan model framing dari Gampson dan Modigliani untuk menganalisa aspek-aspek pembingkaian dari setiap berita yang dianalisa. Hasil penelitian menunjukkan pemberitaan penendangan sesajen pada Kompas.com lebih menekankan frame-nya pada pernyataan tokoh yang mempunyai legitimasi dalam masyarakat, simbol-simbol yang dipakai menggunakan gambar dan kata-kata untuk memberi penekanan peristiwa, serta menempatkan isu utama sebagai tema yang banyak dibahas pada lead berita untuk menjelaskan kronologis peristiwa. Sedangkan pada Eramuslim.com lebih menekankan frame-nya pada karakter pelaku sebagai tokoh utama dengan pemberian simbol-simbol berupa kata-kata dan perumpamaan serta tidak terlalu mementingkan penggunaan gambar sebagai objek pendukung visualisasi. Isu utama ditempatkan pada posisi penjelas dengan lebih banyak memaparkan peristiwa melalui sejarah dan cerita tokoh Islam terdahulu yang disingkronkan dengan peristiwa penendangan sesajen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Mohammad Zamroni, S.Sos.I., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Sesajen, Bingkai, Konstruksi, Media Massa
Subjects: Islam dan Tradisi
Komunikasi Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 24 Jan 2023 05:52
Last Modified: 24 Jan 2023 14:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55642

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum