PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH DALAM MENGGUNAKAN PRODUK MURABAHAH DI BAITUL MAAL WA TAMWIL (BMT) UMMAT WONOSARI

Fariz Adi Pradana, NIM.: 17102040122 (2022) PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH DALAM MENGGUNAKAN PRODUK MURABAHAH DI BAITUL MAAL WA TAMWIL (BMT) UMMAT WONOSARI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH DALAM MENGGUNAKAN PRODUK MURABAHAH DI BAITUL MAAL WA TAMWIL (BMT) UMMAT WONOSARI)
17102040122_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH DALAM MENGGUNAKAN PRODUK MURABAHAH DI BAITUL MAAL WA TAMWIL (BMT) UMMAT WONOSARI)
17102040122_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Menggunakan Produk Murabahah di Baitul Maal wa Tamwil (BMT) UMMAT Wonosari. Penelitian ini dilatarbelakangi atas meningkatnya kebutuhan hidup masyarakat pada masa sekarang menjadikan BMT salah satu alternatif untuk dijadikan pemecah masalah perekonomian, pemasaran saat ini penting bagi BMT untuk dapat menarik minat para calon nasabah agar menggunakan produk jasa BMT tersebut. strategi pemasaran yang tepat menjadi salah satu upaya penting yang dilakukan untuk menjawab tantangan dan menciptakan peluang perkembangan suatu BMT. Perusahaan yang sukses adalah perusahaan yang mampu untuk menjalin relationship jangka panjang dengan pelangganya. Relationship jangka panjang berarti pelanggan yang loyal dimana kebutuhan dan keinginannya terpuaskan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan melalui studi lapangan dengan cara penyebaran kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah pembiayaan murabahah BMT UMMAT Wonosari tahun 2022, penentuan sampel menggunakan metode simple random sampling dengan besar sampel yang diambil sebanyak 40 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah Regresi Linear Sederhana dengan menggunakan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa antara relationship marketing dan keputusan nasabah berpengaruh secara nyata dengan dapat dibuktikan melalui uji t yaitu sebesar 10,159 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Hal ini berarti relationship marketing berpengaruh secara positif terhadap keputusan nasabah dalam menggunakan produk murabahah di BMT UMMAT Wonosari. Variabel relationship marketing mempengaruhi 72,4% terhadap keputusan nasabah dalam menggunakan produk murabahah di BMT UMMAT Wonosari. Artinya variabel relationship marketing mempunyai pengaruh terhadap keputusan nasabah sebesar 72,4% sedangkan 27,6% dipengaruhi oleh variabel lain. Kesimpulanya adalah relationship marketing berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah dalam menggunakan produk Murabahah di BMT UMMAT Wonosari. Kata Kunci: R

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. M. Rosyid Ridla, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Relationship Marketing, Keputusan Nasabah, Produk Murabahah
Subjects: Keuangan Syariah
Manajemen Keuangan Syariah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 24 Jan 2023 14:47
Last Modified: 24 Jan 2023 14:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55665

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum