PERAN SERIKAT PEKERJA TERHADAP KONDISI UPAH PEKERJA SEKTOR INDUSTRI PARIWISATA PERHOTELAN PADA MASA COVID-19 STUDI KASUS HOTEL SHERATON MUSTIKA RESORT & SPA YOGYAKARTA

Muhammad Bestari Sulthansyah, NIM.: 18102050064 (2022) PERAN SERIKAT PEKERJA TERHADAP KONDISI UPAH PEKERJA SEKTOR INDUSTRI PARIWISATA PERHOTELAN PADA MASA COVID-19 STUDI KASUS HOTEL SHERATON MUSTIKA RESORT & SPA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN SERIKAT PEKERJA TERHADAP KONDISI UPAH PEKERJA SEKTOR INDUSTRI PARIWISATA PERHOTELAN PADA MASA COVID-19 STUDI KASUS HOTEL SHERATON MUSTIKA RESORT & SPA YOGYAKARTA)
18102050064_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERAN SERIKAT PEKERJA TERHADAP KONDISI UPAH PEKERJA SEKTOR INDUSTRI PARIWISATA PERHOTELAN PADA MASA COVID-19 STUDI KASUS HOTEL SHERATON MUSTIKA RESORT & SPA YOGYAKARTA)
18102050064_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Sejak Covid-19 menyebar di Indonesia, seluruh kegiatan sehari hari yang dilakukan mempunyai Batasan dan aturan yang harus dipatuhi. Pemerintah mengambil beberapa Langkah dalam mengatasi Covid-19 seperti penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) hingga penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4. Pandemi Covid-19 juga memberikan dampak negatif bagi perekonomian, salah satunya adalah perusahaan melakukan pemotongan upah karyawan mulai dari 15% sampai 20%. Dengan kondisi tersebut pekerja sulit dalam mengelola atau mengatur keuangan, pembayaran kredit yang macet, kebutuhan yang tidak terpenuhi karena beban ekonomi yang meningkat sedangkan upah dipotong, menurunnya motivasi kerja, dan lain sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang peran serikat pekerja terhadap kondisi upah pekerja di hotel Sheraton Mustika Resort & Spa Yogyakarta pada masa Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus, menggunakan kerangka teori tinjauan upah dan tinjauan peran serikat pekerja/buruh dalam menyelesaikan perselisihan hubungan industrial (PPHI) untuk menganalisis temuan di lapangan. Subjek penelitian ini adalah ketua Serikat Pekerja Mandiri Sheraton Mustika Yogyakarta, Sekretaris Serikat Pekerja Mandiri Sheraton Mustika Yogyakarta, Ketua Komite Perempuan Serikat Pekerja Mandiri Sheraton Mustika Yogyakarta, pekerja tetap dan pekerja kontrak sekaligus anggota Serikat Pekerja Mandiri Sheraton Mustika Yogyakarta, dan Sekretaris Umum Federasi Serikat Pekerja Mandiri Regioanl DIY-JATENG. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Validasi data menggunakan Teknik triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukan bahwa Serikat Pekerja Mandiri Sheraton Mustika Yogyakarta (SPMSMY) berperan dengan melakukan penyelesaian perselisihan hubungan industrial (PPHI) terhadap kondisi upah pekerja di hotel Sheraton mustika Resort & Spa Yogyakarta pada masa Covid-19 yaitu dengan pola komunikasi Bipartite, dan pola komunikasi Tripartite.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Asep Jahidin, S.Ag., M.Si
Uncontrolled Keywords: Serikat Pekerja/Buruh, Upah Pekerja, Covid-19
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Industri Pariwisata
Covid-19
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 01 Feb 2023 11:33
Last Modified: 01 Feb 2023 11:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55747

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum