TERAPI DZIKIR UNTUK MENYEMBUHKAN DEPRESI AKIBAT PERCERAIAN (STUDI KASUS TERHADAP SEORANG WARGA DESA SENDANGHARJO, KECAMATAN BRONDONG, LAMONGAN)

Ashimatul Wahdah Al-Faidah, NIM.: 19102020006 (2022) TERAPI DZIKIR UNTUK MENYEMBUHKAN DEPRESI AKIBAT PERCERAIAN (STUDI KASUS TERHADAP SEORANG WARGA DESA SENDANGHARJO, KECAMATAN BRONDONG, LAMONGAN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TERAPI DZIKIR UNTUK MENYEMBUHKAN DEPRESI AKIBAT PERCERAIAN (STUDI KASUS TERHADAP SEORANG WARGA DESA SENDANGHARJO, KECAMATAN BRONDONG, LAMONGAN))
19102020006_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (TERAPI DZIKIR UNTUK MENYEMBUHKAN DEPRESI AKIBAT PERCERAIAN (STUDI KASUS TERHADAP SEORANG WARGA DESA SENDANGHARJO, KECAMATAN BRONDONG, LAMONGAN))
19102020006_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kasus perceraian di sejumlah daerah di tanah air dewasa ini mengalami peningkatan, terutama di daerah-daerah dengan populasi yang besar. Perceraian selalu dilatarbelakangi oleh adanya faktor yang menyebabkan perceraian. Di samping itu, peristiwa perceraian senantiasa membawa dampak yang cukup mendalam khususnya dalam hal psikologis. Dampak psikologis yang sering terjadi akibat dari perceraian adalah depresi. Salah satu penanganan depresi adalah dengan terapi dzikir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pelaksanaan tahap-tahap terapi dzikir untuk menyembuhkan depresi akibat perceraian. Penelitian ini dilakukan menggunakan jenis pendekatan kualitatif dengan data deskriptif. Subjek pada penelitian ini yaitu SU warga Desa Sendangharjo, Kecamatan Brondong, Lamongan yang mengalami depresi akibat perceraian. Sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan observasi non partisipan, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis dengan tahapan data reduction, data display, dan data conclusion drawing/ verification. Uji keabsahan datanya menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahap-tahap terapi dzikir yang dilakukan oleh subjek penelitian secara mandiri dilaksanakan melalui tiga tahap, pertama tahap pendahuluan, yaitu pemilihan tempat, kesopanan dan takzim dalam berdzikir, pemilihan posisi duduk, berwudhu. Kemudian tahap pelaksanaan, yaitu niat, membaca basmalah dan Surat Al-Fatihah beserta tawasul, membaca bacaan-bacaan dzikir, keseriusan dan kesungguhan dalam berdzikir. Terakhir adalah tahap penutup, yaitu berdiam diri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Muhammad Hafiun, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Terapi Dzikir, Depresi, Perceraian
Subjects: Psikologi
TASAWUF > Dzikir
Cerai
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 01 Feb 2023 13:42
Last Modified: 01 Feb 2023 13:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55758

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum