TIPOLOGI DAN MANAJEMEN KONFLIK DALAM PENGELOLAAN EKOWISATA SAWAH SURJAN DI PEDUKUHAN IV PLERET PANJATAN KULON PROGO

Ana Widiastuti, NIM.: 18102050070 (2022) TIPOLOGI DAN MANAJEMEN KONFLIK DALAM PENGELOLAAN EKOWISATA SAWAH SURJAN DI PEDUKUHAN IV PLERET PANJATAN KULON PROGO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TIPOLOGI DAN MANAJEMEN KONFLIK DALAM PENGELOLAAN EKOWISATA SAWAH SURJAN DI PEDUKUHAN IV PLERET PANJATAN KULON PROGO)
18102050070_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (TIPOLOGI DAN MANAJEMEN KONFLIK DALAM PENGELOLAAN EKOWISATA SAWAH SURJAN DI PEDUKUHAN IV PLERET PANJATAN KULON PROGO)
18102050070_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pembangunan di sektor pariwisata merupakan salag satu upaya dalam meningkatkan ekonomi masyarakat, pembangunan daerah serta kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat. Seperti halnya di Pedukuhan IV Pleret, Panjatan, Kulon Progo mengadakan pembangunan pariwisata melalui Sawah Surjan. Seiring dengan pengelolaan ekowisata Sawah Surjan tersebut, menimbulkan berbagai perbedaan pendapat yang menimbulkan berbagai konflik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tipologi dan manajemen konflik yang terjadi dalam pengelolaan ekowisata Sawah Surjan di Pedukuhan IV Pleret, Panjatan, Kulon Progo. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini merujuk dengan teori konflik dan manajemen konflik menunjukan terdapat tipologi konflik jika dilihat dari pihak yang terlibat yakni, konflik antar individu antar pengelola lahan parkir di Wisata Sawah Surjan, konflik individu dengan kelompok antara pengelola lahan parkir dengan BUM Desa dan konflik antar kelompok antara pengelola terdahulu (Pokdarwis dan Karang taruna) dengan BUM Desa. Manajemen konflik yang sudah dilakukan yakni, a) negosiasi dalam penyelesaian konflik antar individu, individu dengan kelompok dan kelompok dengan kelompok, b) mediasi dan c) konsiliasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Aryan Torrido, SE., M.Si
Uncontrolled Keywords: konflik; tipologi; wisata; ekowisata
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Pariwisata
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 08 Feb 2023 11:44
Last Modified: 08 Feb 2023 11:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55981

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum